MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Sepenggal Kisah Afrizal Sintong, Pria ''Bersandal Jepit'' yang Terpilih Jadi Bupati Rokan Hilir
Rabu, 16-12-2020 - 23:37:52 WIB
Calon Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong (tengah) dengan sandal jepit saat disambut warga masyarakat ketika kampanye dialogis beberapa waktu lalu. 
TERKAIT:
 
  • Sepenggal Kisah Afrizal Sintong, Pria ''Bersandal Jepit'' yang Terpilih Jadi Bupati Rokan Hilir
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Haji Afrizal Sintong, tak lama lagi akan disapa banyak orang dengan panggilan "Pak Bupati". Ya, pria 42 tahun yang di tanah kelahirannya Rokan Hilir akrab disapa "Epi Sintong", baru saja membuat kejutan dan lompatan besar dalam karir politiknya.

    Rabu (16/12/2020) malam ini, lewat rapat pleno terbuka yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir, Afrizal Sintong dan pasangannya H Sulaiman,SS,MH, resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Rokan Hilir. Duet yang dikenal dengan jargon "AMAN" ini sukses meraup suara terbanyak dan sekaligus memupus impian para rivalnya, termasuk pasangan petahana H Suyatno-Jamiluddin.

    Berdasarkan penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara, mantan kepala desa dan anggota DPRD Rokan Hilir itu mengumpulkan suara sebanyak 94.515. Perolehan suara Afrizal Sintong-Sulaiman terpaut jauh dengan incumbent Suyatno-Jamiluddin di urutan kedua dengan jumlah suara 85.059 suara atau selisih keunggulan 9.456 suara. Di tempat ketiga pasangan H Asri Auzar-H Fuad Ahmad,SH mengumpulkan dukungan sebanyak 76.521 suara dan Cutra Andika,SH-Muhammad Rafik, S.Ag di posisi keempat dengan jumlah 19.831 suara.

    Keberhasilan Afrizal Sintong-Sulaiman meraih simpati dan dukungan luar biasa dari masyarakat Rokan Hilir tidak terlepas dari kharisma pasangan calon ini yang santun, sederhana dan bersahaja. Padahal, masyarakat Rokan Hilir tahu persis jika Afrizal Sintong adalah seorang pengusaha sukses. Ia memiliki ratusan hektar perkebunan kelapa sawit dan juga memiliki sejumlah perusahaan di core bisnis pengeboran migas yang ada di Riau.

    Lihat saja bagaimana ketika seorang Afrizal melakukan kampanye dialogis ke hampir 300 titik di pelosok Kabupaten Rokan Hilir. Selain tidak banyak mengumbar janji-janji muluk di hadapan warga masyarakat, Epi Sintong juga datang dengan keikhlasan dan kesederhanaan. Bahkan, mungkin Afrizal Sintong-lah satu-satunya calon bupati di Provinsi Riau ini yang unik karena menemui warga pelosok desa dengan sandal jepit. Foto-fotonya memakai sandal jepit, bukan sepatu mengkilat seperti banyak dilakukan calon kepala daerah,  sering muncul di pemberitaan media massa ketika melakukan kampanye dialogis.

    Sikap "low profile" dan apa adanya itu juga dirasakan MataPers.com saat ngobrol dengan Afrizal Sintong. Bila kebanyakan para calon Bupati memilih tempat-tempat pertemuan dengan banyak kalangan, termasuk wartawan, di hotel-hotel berbintang untuk memperlihatkan gengsinya, Afrizal justru lebih suka ngobrol di kedai kopi yang banyak didatangi masyarakat awam. 

    Tapi di balik kesederhanaan dan sikap bersahaja itu, harus diakui Afrizal memiliki feeling dan analisa politik yang sangat kuat. Misalnya saja ketika sebagai kader Golkar ia harus "mengalah" dan merelakan perahu partai berlambang pohon beringin yang diincarnya itu diberikan kepada calon lain, Afrizal Sintong tidak lantas putus, apalagi patah hati. 

    Sebagai politisi yang pernah menjadi wakil rakyat di DPRD Rohil, Afrizal paham betul bahwa di dunia politik tak ada yang abadi. Segala sesuatunya bisa berubah dengan cepat sesuai kepentingan saat itu. 

    Karena itu, sejak awal, Afrizal Sintong yang disokong tokoh kharismatik Rohil dan juga mantan Ketua KPU Rohil tiga periode H Azhar Syakban serta ayah kandung dari Cawabup H Sulaiman, sejak jauh-jauh hari sudah menyiapkan "multi planning" dalam mendapatkan "perahu" agar bisa berlayar di Pilkada Rohil. "Jika "Plan A" gagal, maka "Plan B" dan "Plan-plan" lainnya kita siapkan," ungkapnya dalam beberapa kesempatan kepada MataPers.com.

    Dan pada akhirnya, memang Koalisi Partai Pengusung yang terdiri dari Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Berkarya-lah yang menjadi "kenderaan politik" pilihan Afrizal Sintong bersama pasangannya, H Sulaiman untuk ambil bagian di Pilkada Rokan Hilir. Di last minute, hanya 48 jam sebelum masa pendaftaran di KPU Rohil ditutup, keduanya bersama ketiga parpol tadi sepakat untuk melangkah berjuang, memenangkan Pilkada Rokan Hilir.

    "Insha Allah, kami tidak akan mengecewakan partai pengusung di Pilkada Rohil. Melihat kondisi saat ini dan adanya keinginan kuat perubahan di Rohil, kami optimis dapat memenangkan hati serta keinginan masyarakat Rokan Hilir," kata Afrizal kepada MataPers.com saat bincang santai di sebuah kedai kopi di kawasan Jalan Paus, Pekanbaru, 4 September 2020 silam.

    Kala itu, Afrizal juga memuji sosok pendampingnya di Pilkada, yakni Sulaiman, birokrat muda berusia 38 tahun di Pemkab Rohil yang rela melepas status PNS untuk berjuang bersama memajukan perekonomian masyarakat Negeri Seribu Kubah yang sedang terpuruk. "Perpaduan kami, pengusaha-politisi dengan birokrat, Insha Allah akan bermanfaat untuk masyarakat Rohil," kata Epi Sintong, yang kini sedang menyelesaikan studi S1 jurusan Ilmu Pemerintahan di Universitas Terbuka itu. 

    Kepada media ini, Afrizal juga bercerita, begitu tahapan pendaftaran selesai, mereka akan langsung tancap gas mengunjungi massa pemilih dan pendukungnya di 300 titik di seluruh pelosok Rokan Hilir. "Insha Allah, dengan agenda pertemuan 3 sampai 5 kali sehari, kita akan bisa datangi 300 titik hingga menjelang pemilihan 9 Desember nanti," ujar Afrizal saat itu menggambarkan keseriusan, semangat dan kesiapannya merebut simpati serta dukungan masyarakat Rokan Hilir.

    Kesabaran dan keikhlasan Afrizal maupun Sulaiman yang rendah hati dan agamis itu kini berbuah manis. Masyarakat Rokan Hilir menyambutnya dengan tangan terbuka. Dan, membalasnya dengan memberikan kepercayaan kepada Afrizal Sintong dan Sulaiman sebagai pemimpin mereka ke depan, Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir periode 2021-2026. 

    Tentu di balik semua itu, tertumpang harapan besar masyarakat Rokan Hilir. Duet pemimpin muda ini mampu membangun dan menggerakkan segala sisi kehidupan, termasuk  perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat Rokan Hilir ke arah yang lebih baik ke depannya. Kita tunggu saja. (tun)



     
    Berita Lainnya :
  • Sepenggal Kisah Afrizal Sintong, Pria ''Bersandal Jepit'' yang Terpilih Jadi Bupati Rokan Hilir
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Covid-19 Naik Tajam, Warga India Ramai-ramai Eksodus ke Jakarta
    02 Pengetatan Dimulai, Mudik Idul Fitri Dilarang Sepanjang 22 April-24 Mei 2021
    03 Banjir Landa Kecamatan Binawidya, 350 KK di Sungai Sibam Butuh Bantuan
    04 Awal Mei, Pengprov PBSI Riau Gelar Musyawarah
    05 Komisi V DPRD Riau Apresiasi Gerak Cepat Badan Penghubung Jakarta
    06 Ibu-Ibu Ethiopia Memasak untuk Buka Puasa Warga Indonesia di Addis Ababa
    07 Tinjau Lokasi PSU di Desa Ringin, Pj Bupati Inhu: Semoga Tidak Ada Kendala
    08 PSU di Rohul Selasa Besok, Kapolres Harapkan Penyelenggara Bersikap Profesional
    09 800 Pengaduan Masuk ke DP, Dheni Kurnia Ingatkan Media di Riau Patuhi Kode Etik dan UU Pers
    10 Habis Lebaran, PWI Riau Kembali Rekrut Anggota Baru
    11 Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di Riau Hampir Tembus 1.000 Orang
    12 Setelah Ditegur, Penjagaan Kantor dan Kediaman Gubernur Diperketat
    13 Wakil Ketua DPRD Syaiful Ardi Hadiri Peresmian Mushalla PKDP Bengkalis
    14 Selama Ramadhan Tempat Hiburan Malam di Pekanbaru Tutup, Kecuali...
    15 Bahan Pokok Riau Aman Selama Ramadhan, Cabai Merah Mengkhawatirkan
    16 Muhammadiyah Sebut Pasien Positif Covid-19 dan OTG Tidak Wajib Puasa
    17 Amankah Divaksin Covid-19 Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasan Para Pakar
    18 Soal Konflik Lahan Gondai Pelalawan, Istana Minta Aparat Ciptakan Kondisi Kondusif
    19 Enam Nama Calon Sekdaprov Riau Lulus Administrasi Pansel, Ini Mereka
    20 Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021
    21 Malam Ini, 11 Katagori Anugerah Pariwisata Riau Diumumkan
    22 Gubri Lantik Wantikda Riau, Diharapkan Percepat Misi Kelima RPJMD
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar