MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Kapolda Riau dan Ketua LAMR Tepuk Tepung Tawar 450 Siswa Diktuba Polri
Selasa, 27-07-2021 - 08:17:35 WIB
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi memasangkan tanda siswa Diktuba Polri kepada salah seorang perwakilan siswa secaba di SPN Polda Riau, Kampar, Senin (26/7/2021).
TERKAIT:
 
  • Kapolda Riau dan Ketua LAMR Tepuk Tepung Tawar 450 Siswa Diktuba Polri
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi membuka secara resmi Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri TA 2021 di Lapangan Hitam SPN Polda Riau, Desa Kualu Nenas Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Senin (26/7/2021).

    Dibuka melalui gelaran upacara yang dihadiri oleh Wakapolda Riau dan Pejabat Utama Polda Riau serta Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Datuk Al Azhar ini, pendidikan akan berlangsung selama lima bulan ke depan yang diikuti  450 siswa peserta didik dengan rincian dari Polda Riau sebanyak 223 orang siswa peserta didik, dan siswa hibah dari Polda Papua 127 siswa dan Polda Papua Barat 100 orang. 

    Kapolda Riau yang membacakan amanat Kalemdiklat Polri  mengatakan, pembentukan Bintara Polri pada tahun ini memiliki beberapa kekhususan dalam penyelenggaraannya. Sehingga memerlukan antisipasi dan kesiapan secara khusus pula dalam persiapan dan pelaksanaannya. 

    Hal ini menurut Kalemdiklat Polri disebabkan karena pendidikan dilaksanakan dalam situasi pandemik yang  dilaksanakan secara tatap muka. Dengan pertimbangan berhasilnya Pendidikan Diktukba On Campus tahun lalu dengan mengelola seminimal mungkin penularan dan penyebaran covid-19 selama pendidikan berlangsung.

    Dalam praktek pelayanan kepada masyarakat maka 75% komposisi personel Polri terdiri atas para Bintara yang merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Juga pertama kalinya akan diterapkan penguatan kurikulum baru yang telah diresmikan Kapolri yang diberi nama Kurikulum Presisi untuk pembangunan Karakter kebangsaan, pemahaman sejarah perjuangan dan pembentukan negara Indonesia. 

    “Hakekat fungsi Polisi dan Kebhinekaan, untuk menjawab tantangan perubahan sosial masyarakat dunia dalam revolusi industri 4.0 menuju masyarakat 5.0,” ujar Kalemdiklat Polri dalam amanatnya.

    Secara terpisah usai pembukaan, Kapolda Riau bersama Ketua LAM Riau Datuk Seri Al Azhar melaksanakan acara tepung tawar kepada para siswa peserta didik. 

    Acara dilanjutkan pembekalan oleh Pimpinan yang digelar di Aula SPN Pekanbaru. Dalam arahannya Kapolda Riau mengatakan bahwa sesuai pepatah adat melayu harus beramah tamah, saling menuntun, saling tolong menolong dan bertenggang rasa. 

    Tugas-tugas kepolisian harus mengelola berbagai macam persoalan, maka polisinya sendiri harus memiliki pengetahuan dan ilmu yang cukup.

    “Adek-adek semua, saya selaku kapolda bangga dengan kehadiran adek-adek semua untuk memulai mengikuti program pendidikan. Pendidikan ini lebih utamanya untuk membentuk pikiran, sikap dan keterampilan kita. Jadi hal-hal yang kita jalankan agar dimaknai sebagai proses,” terang Irjen Agung. 

    “Bahwa kita hadir bersama disini dari Papua, Papua Barat dan Riau, semua bersaudara dalam satu letting pendidikan SPN dan saya minta kekompakan kalian sebagai rekan satu leting."

    "Kalian semua mempunyai kemampuan dan disini dibentuk untuk menjadi polisi yang dapat menjaga martabat kepolisian. Terus semangat, kita semua bersaudara agar saling mengisi, saling menolong dan saling memberi, anda dididik sehingga semuanya menjadi polisi yang sejati maka raihlah semua itu dengan suka cita,” sambung Agung.

    Sementara itu Ketua LAM Al Azhar dalam pembekalan menerangkan Upacara tepuk tawar dilakukan kepada orang-orang yang akan melaksanakan tugas-tugas baru dan semacam inisiasi dalam adat melayu dan berharap mekanisme dalam adat melayu itu di terapkan.

    “Maknanya dalam adat melayu adalah supaya yang di tepung tawar itu berhasil, sukses dan berjaya. Jadi itu merupakan doa dari masyarakat adat Melayu, Polda Riau dan masyarakat Riau supaya adek-adek semua berhasil sukses dan berjaya,” papar Al Azhar.

    Ketua LAM berharap nantinya setelah 5 bulan menjalani pendidikan kepolisian akan menjadi insan Polri yang cara bicara dan cara berprilakunya baik.

    “Kalian akan berinteraksi dengan orang yang berbeda, nikmatilah perbedaan itu. Kalian dari Papua dan Riau itu adalah satu saudara. Saya berharap kalian punya tekat menjalankan pendidikan ini untuk mengubah diri menjadi watak Polisi yang sejati dan saya yakin lembaga kepolisian itu mampu mengubah itu tentunya dengan kemauan diri sendiri,” imbau Al Azhar.

    Atas nama LAMR, Datu Al Azhar menyampaikan selamat datang di bumi melayu lancang kuning bagi siswa dari Papua dan Papua Barat.

    Dirinya juga meminta siswa dari Riau dapat membantu siswa dari Papua dan Papua Barat seperti membantu diri sendiri.

    “Tunjukkan bahwa Riau ini bumi yang bertuah dan bagi siswa dari Papua dan Papua Barat saya minta jadikan Riau ini menjadi kampung dan rumah ke dua bagi kalian. Pepatah mengatakan Dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung, lakukan itu,” tutupnya. (Ben)



     
    Berita Lainnya :
  • Kapolda Riau dan Ketua LAMR Tepuk Tepung Tawar 450 Siswa Diktuba Polri
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Besok, Leani Peraih Emas Bulutangkis Paralimpiade Tokyo Diarak Keliling Pekanbaru
    02 Ratusan Warga Bathin Solapan Ikut Vaksinasi Massal Partai Demokrat
    03 Ini Dia Tujuh Jenis Lego Perang, Anak-anak Pasti Senang Memainkannya
    04 Perampok Toko Emas di Medan Ternyata Buronan Asal Rohul
    05 Ini Calon-calon Anggota KPID Riau Yang Lulus Seleksi Administrasi
    06 Target Akhir September Disahkan, Prioritas APBD-P 2021 Riau Tetap Covid-19
    07 Tinjau Latihan Atlet Dayung PON di Kuansing, Gubri: Semangat dan Jaga Nama Baik Daerah
    08 Jumat Berkah, FE2DB Peduli Berbagi Nasi Bungkus di Pasar Sartika Duri
    09 Bupati Rohil Hadiri Kegiatan Bakti Sosial Stunting dan Posyandu di Tanah Putih
    10 Biadab, Bapak Ruting ''Mangsa'' Anak Tirinya di Bathin Solapan Bengkalis
    11 Ketua Pengprov Novilia Kukuhkan SOIna Rohil, Bupati Afrizal: Pengurusnya Orang-orang Sabar
    12 PPID Kampar Targetkan Naik Status ''Kabupaten Informatif'' Tahun Ini
    13 IKLA Riau Silaturahmi ke Gubri, Hanafi: Kami Minta Pak Gubernur Jadi Pelindung
    14 Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
    15 Kapolsek Batang Gansal ini Cantik Jelita dan Masih Jomblo, Ini prestasinya
    16 Hampir Semua Kepala OPD Pemprov Riau Dievaluasi, Kecuali Empat Pejabat Ini
    17 Aksinya Terekam CCTV, Maling Ponsel Ini Dibekuk Polisi di Duri
    18 Sengketa Informasi di KI Riau, LIRA Inhu: Ada Keganjilan di Desa Lirik Area
    19 Pasca-Ditabrak Ponton, Pemprov Riau Bentuk Tim Investigasi Jembatan Pedamaran II
    20 Diguyur Hujan, Warga Air Jamban dan Duri Barat Tetap Antusias Ikut Vaksinasi
    21 Sambut HUT Ke-20, Partai Demokrat Gelar 1.000 Vaksin Gratis di Bengkalis
    22 Menparekraf Sandi Uno Seyembarakan Nama Objek Wisata di PLTU Koto Panjang, Ayo Ikut!
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar