MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Pemprov Riau Sudah Bagikan 1,1 Juta Masker Kepada Warga Masyarakat
Selasa, 24-11-2020 - 18:10:31 WIB
Kepala Biro Kesra) Pemprov Riau Zulkifli Syukur, SAg., MA,MSi.
TERKAIT:
 
  • Pemprov Riau Sudah Bagikan 1,1 Juta Masker Kepada Warga Masyarakat
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Pemerintah Provinsi Riau sudah membagikan lebih dari 1,1 juta lembar masker kepada masyarakat di masa pandemi Covid-19 saat ini. Pembagian masker itu ada yang didistribusikan melalui instansi-instansi pemerintah, komunitas masyarakat serta berbagai ivent dan kegiatan warga masyarakat.

    Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Provinsi Riau Zulkifli Syukur, SAg., MA,MSi, dalam press rilis, Selasa (24/11/2020) mengatakan, jumlah masker yang berhasil dihimpun lewat program Gerakan Bersama Pakai (Gebrak) Masker yang dilaunching Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi tanggal 17 Agustus 2020 lalu, hingga saat ini tercatat sebanyak 1.795.660 lembar.

    "Dari 1,7 juta lebih masker yang dihimpun itu sebanyak 1.108.700 lembar di antaranya sudah didistribusikan. Sehingga per-24 November 2020 ini, jumlah stok masker yang masih disimpan oleh Biro Kesra Pemprov Riau sebanyak 686.960 lembar lagi," kata Zulkifli Syukur, mantan Sekretaris Disnaker Provinsi Riau tersebut.

    Zulkifli juga menjelaskan, 1,7 juta lebih masker terhimpun itu berasal dari bantuan berbagai pihak. Mulai dari OPD di lingkungan Pemprov Riau hingga berbagai perusahaan perkebunan, pertambangan, BUMN, BUMD serta dunia usaha lainnya. Sampai saat ini berdasarkan data di Biro Kesra Pemprov Riau, Grup APRIL APR dan Mitra merupakan salah satu penyumbang masker terbanyak yakni 286 ribu lebih masker.

    Sedangkan pendistribusian masker, kata Zulkifli, ada yang diserahkan melalui Pemerintah Kabupaten Kota se-Provinsi Riau, Mesjid-mesjid, sekolah, pondok pesantren maupun pembagian langsung seperti yang dilakukan Gubernur Syamsuar dalam berbagai kesempatan dan iven-ivent. "Jadi masker-masker itu dibagikan ke masyarakat melalui berbagai komunitas, instansi pemerintah serta kegiatan-kegiatan lainnya," terang Zulkifli.

    Kepala Biro Kesra Pemprov Riau ini juga meluruskan informasi soal 5 juta masker untuk masyarakat Riau. "Ini perlu dijelaskan. Lima juta masker itu adalah target pengumpulannya oleh Pemprov Riau lewat program Gebrak Masker yang diluncurkan Bapak Gubernur bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 2020 lalu. Jadi perlu ditegaskan lagi itu target, belum tersedia. Nah, sampai saat ini yang sudah berhasil dihimpun itu adalah sebanyak 1.795.660 lembar masker," kata Zulkifli.

    Ia juga menjelaskan target penghimpunan 5 juta masker itu pada awalnya dengan asumsi masing-masing kabupaten kota menyumbang sebanyak 200 ribu masker, sehingga ditargetkan terkumpul sebanyak 2,4 juta. Namun diakuinya, bantuan dari Pemkab/Pemko belum diterima pihaknya. Justru saat ini Pemprov yang pada akhirnya mendistribusikan langsung kepada Pemkab/Pemko melalui kepala daerah masing-masing. Rata-rata kabupaten Kota sudah menerima 100 ribu lembar masker dari Pemprov Riau.

    "Khusus untuk Kabupaten Kuantan Singingi dan Meranti, baru dijadwalkan akan diserahkan minggu-minggu ini. Sedangkan untuk 10 kabupaten/kota lainnya sudah kita distribusikan masing-masing 100 ribu masker," terang Zulkifli, putra Kampar yang pernah menjadi Sekretaris KPU Kampar tersebut.

    Sedangkan sekitar 2,6 juta masker lainnya, ditargetkan bantuan dari dunia usaha termasuk perusahaan-perusahaan yang ada di Provinsi Riau. Jumlah bantuan masker dari perusahaan-perusahaan itu juga bervariasi dan diterima secara bertahap karena faktor ketersediaan stok atau bahan untuk pembuatan masker itu sendiri.

    "Jadi, itu diserahkan mereka secara bertahap melalui Dinas terkait. Misalnya saja bantuan dari perusahaan-perusahaan perkebunan itu dikumpulkan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau sebelum diserahkan ke Biro Kesra.  Perusahaan pertambangan melalui Distamben. Begitu juga dengan yang lain-lainnya," kata Zulkifli lagi.

    Jadi, intinya, kata Zulkifli, pengumpulan dan pembagian masker akan terus dilakukan hingga pandemi Covid-19 berakhir.  (mp01)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemprov Riau Sudah Bagikan 1,1 Juta Masker Kepada Warga Masyarakat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kasus Positif Covid-19 di Riau 153, Pasien Sembuh Tercatat 99 Orang
    02 Ketua Satgas Positif Covid-19, Doni Monardo: Masyarakat Jangan Kendor 4M
    03 ForKI Riau Serahkan Santunan Kepada Keluarga Almarhum Moralis
    04 Bagus Santoso, Wartawan Pertama Riau Jadi Wakil Bupati
    05 Evakuasi Benda Mirip Rudal dari Anambas, Danlanal: Masih Kami Identifikasi
    06 KPU Tetapkan Kasmarni-Bagus Santoso Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis
    07 Kasus Tewasnya Haji Permata: Enam Petugas BC Tidak Penuhi Panggilan Polda Riau
    08 Tol Pekanbaru-Bangkinang Optimis Dirampungkan Tahun 2021 Ini
    09 Laju Pertumbuhan Penduduk Riau Melambat 2,18 Persen, Ini Penyebabnya
    10 Soal HGU Perkebunan Sawit di Riau, Majelis Komisioner: Informasi Publik!
    11 Bertambah 123 Kasus, Ini Sebaran Covid-19 di Riau
    12 Gubri Syamsuar Jalankan Kegiatan Pemerintahan dari Rumah Dinas
    13 Sekda Pekanbaru Silaturahmi dengan Komisi Informasi Riau dan Bahas PPID
    14 Tertolong Harga Sawit, Realisasi Penerimaan Pajak Riau 98,51 Persen
    15 Masa Jabatan 'Plh' Berakhir, Ini Kata BKD Riau Soal Calon Pj Sekdaprov
    16 Kasus Corona di Riau Kembali Naik Tajam, Ini Data Terbaru
    17 Tidak Tepati Janji Kampanye, Warga Ramai-ramai Ikat Walikota di Pohon
    18 Mengerikan, Tiga Bulan Terakhir 1 Juta Orang Meninggal Dunia Akibat Covid-19
    19 Puluhan Nakes Pekanbaru Gagal Vaksinasi Covid-19, Ada Apa?
    20 Pasien Sembuh Bertambah 186, Positif Covid-19 di Riau Kini 27.053 Kasus
    21 KPK Perpanjang Masa Penahanan Wali Kota Dumai Nonaktif
    22 Mamuju Diguncang Gempa 6,2 Magnitudo, Banyak Korban Terhimpit Runtuhan Bangunan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar