MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Komisi V DPRD Riau Apresiasi Gerak Cepat Badan Penghubung Jakarta
Selasa, 20-04-2021 - 23:23:20 WIB
Para anggota dan Ketua Komisi V DPRD Riau bersama Kaban Penghubung Riau di Jakarta beserta staf foto bersama usai diskusi dan buka puasa di salah satu hotel di Jakarta, Selasa (20/4/2021) petang. 
TERKAIT:
 
  • Komisi V DPRD Riau Apresiasi Gerak Cepat Badan Penghubung Jakarta
  •  

    JAKARTA, MataPers - Komisi V DPRD Riau menyampaikan apresiasi kepada Badan Penghubung di Jakarta yang telah melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan fungsi dan tugas serta kewenangannya sebagai perpanjangan tangan Pemprov Riau di ibukota negara.  

    Apresiasi itu disampaikan Ketua Komisi V Eddy Mohd Yatim dan para anggota komisi ketika berdiskusi usai berbuka puasa bersama dengan Kepala Badan Penghubung Erisman Yahya di Hotel Redtop Jakarta, Selasa (20/4/2021) petang. Komisi V DPRD Riau sendiri ke Jakarta dalam rangka observasi ke Dinas Pendidikan DKI Jakarta tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB).

    Selain Eddy Yatim, terlihat hadir dalam buka puasa tersebut anggota Komisi V DPRD Riau Marwan Yohanis, Zulkifli Indra, Sony Wati, Arnita Sari,  Ramos Teddy Sianturi, serta anggota Komisi II M Arpah yang juga di saat bersamaan melakukan kunjungan kerja ke Jakarta.

    Sekalipun bukan agenda resmi Komisi V DPRD Riau, tetapi hanya sebatas silaturahmi, namun buka bersama yang dilanjutkan dengan diskusi ringan tentang Kantor Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta, berlangsung menarik. Selain mendengarkan paparan Erisman Yahya yang baru setahun diamanahkan sebagai Kaban Penghubung Riau di Jakarta, pada kesempatan itu banyak saran dan masukan yang disampaikan anggota dewan kepada "Dubes Riau" tersebut dalam upaya meningkatkan fungsi dan tugasnya.

    "Jadi Tupoksi Badan Penghubung itu bukan hanya sekedar jemput dan mendampingi Gubernur atau pejabat-pejabat Riau yang ke Jakarta. Tetapi ada hal-hal yang lebih besar dan luas lagi yang mesti dilakukan oleh Badan Penghubung," kata Ketua Komisi V DPRD Riau Eddy Yatim.

    Dalam diskusi sekitar satu jam itu sejumlah anggota Komisi V menyarankan kepada Badan Penghubung Jakarta untuk memberikan perhatian yang lebih maksimal kepada peningkatan kualitas anjungan Riau yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).  "Bagaimana anjungan Riau itu difungsikan lebih baik lagi dengan meningkatkan fasilitas di sana. Jangan orang datang ke sana hanya untuk numpang berteduh, entah karena cuaca panas, hujan atau karena luberan pengunjung anjungan provinsi tetangga kita Sumbar," kata H Marwan Yohanis, anggota Komisi V disambut senyum anggota dewan yang lain.

    Menjawab pertanyaan anggota dewan, Erisman Yahya menjelaskan saat ini anjungan (rumah adat) Riau di Taman Mini dalam proses renovasi. Sedangkan Taman Jalur yang ada di anjungan Riau, renovasinya sudah selesai yang sepenuhnya didanai oleh masyarakat Kuantan Singingi yang ada di Jakarta.

    "Dari hasil pertemuan dengan masyarakat dan tokoh-tokoh Kuansing di Jakarta, kita himpun donasi untuk merenovasi Jalur dan taman jalur yang kondisinya sangat memprihatinkan. Alhamdulillah, sekarang sudah selesai dan sudah ditinjau langsung oleh Pak Gubernur belum lama ini," kata Erisman.

    Saat ini, terang Erisman, anjungan Riau serta rumah adat Bengkalis dan Kampar, juga sedang dalam proses renovasi. "Kami ajak Pemerintah Kabupaten baik Bengkalis dan Kampar untuk merenovasinya dan disetujui. Insha Allah tahun ini segera dikerjakan dan dirampungkan renovasinya," ujar Erisman lagi.

    Pada kesempatan itu, Erisman juga menceritakan tentang optimalisasi tugas-tugas Badan Penghubung sebagai etalase Riau di Jakarta. Misalnya saja rencana pembangunan Hotel Riau di Mess Pemda di Slipi. "Masalah administrasi sudah selesai. Misalnya soal perubahan zonasi Mess Slipi yang sebelumnya ternyata itu masuk kawasan pemerintah, bukan zona bisnis. Kini kita sedang menunggu revisi Perda DKI Jakarta terhadap lokasi Mess Slipi dari kawasan pemerintah ke kawasan bisnis," terang Erisman lagi.

    Tentang pembangunan hotel Riau tersebut, terang Erisman, saat ini juga sudah ada sejumlah investor yang berminat. "Karena Pak Gubernur minta pembangunan hotel tersebut jangan sampai membebani APBD tetapi dengan melibatkan pihak ketiga, saat ini sudah ada yang berminat. Meski demikian tentu nantinya tetap melalui proses tender," papar Erisman.

    Banyak hal yang dijelaskan oleh Erisman kepada para wakil rakyat dari Komisi V dan sejumlah anggota komisi lainnya tentang peran Badan Penghubung dalam meningkatkan partisipasi masyarakat Riau yang tergabung dalam berbagai organisasi di perantauan. Termasuk soal urusan administrasi dan surat menyurat ke Kementrian. baik Pemprov maupun Pemerintah Kabupaten Kota se Riau. "Jadi, semuanya satu pintu di Kantor Penghubung Jakarta ini," ujar Erisman.

    Para anggota DPRD Riau yang hadir sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Kaban Penghubung dan jajarannya. Termasuk gerak cepat dalam merenovasi anjungan Riau yang merupakan marwah Riau di Jakarta dengan melibatkan massyarakat kabupaten kota se-Riau di Jakarta. "Kita mengapresiasi langkah Badan Penghubung Jakarta yang melibatkan masyarakat kabupaten kota se-Riau yang ada di Jakarta ini," puji Marwan Yohanis, anggota DPRD Riau dari Fraksi Gerindra tersebut.

    Kalangan legislator juga meminta kepada Erisman agar program dan rencana kegiatan Badan Penghubung tersebut dirumuskan dalam bentuk proposal. "Jangan hanya dalam bentuk lisan saja, mesti terangkum semuanya dalam bentuk proposal, sehingga kami  melalui komisi V dan lintas komisi di Dewan bisa ikut mendorong Pemerintah Provinsi untuk mewujudkan program kegiatan Badan penghubung Jakarta," kata Ramos Teddy Sianturi dan M Arpah. (mp01)



     
    Berita Lainnya :
  • Komisi V DPRD Riau Apresiasi Gerak Cepat Badan Penghubung Jakarta
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Santri Tani NU Berbagi Berkah dengan Anak Yatim Piatu dan Dhuafa
    02 Polemik Sembako Perusahaan, Gubri: Tahun Lalu 'Tak Ado' Masalah, Kini Kok Dipersoalkan?
    03 Kasus Covid-19 di Riau Bertambah 551 Kasus, 631 Sembuh dan 14 Meninggal
    04 Ustaz Tengku Zulkarnain Wafat, Gubri Sampaikan Ucapan Duka
    05 Tinjau Pusat Keramaian, Gubri Tegur Pengunjung Plaza Sukaramai Tak Pakai Masker
    06 KOLOM INSPIRASI: TEHAER Alias THR
    07 Kabar Duka Covid-19: Hari Ini 26 Orang Meninggal di Riau
    08 KOLOM INSPIRASI: Hidup Damai Lewat Pesan Gus Dur
    09 Tiang Listrik Tumbang Dihantam Longsor, 15 Desa di Kampar Gelap Gulita
    10 Lima Pesan Dubes RI Addis Ababa Menuju Pendidikan Indonesia ''Go-Global''
    11 Dua ''Rekor Baru'' Covid-19 di Riau Hari Ini, Terpapar 628 dan Meninggal 17 Orang
    12 Longsor di Desa Merangin Kampar, Ruas Jalan Riau-Sumbar Tak Bisa Dilewati
    13 Kematian Akibat Covid-19 Kian Tak Terbendung di Riau, 20 Pasien Wafat Hari Ini
    14 Pasca-Bupati Kuansing Diperiksa, Kajari : Kemungkinan Ada Tersangka Baru
    15 Syukuran Milad ke-93, Wanita Perti Riau Buka Bersama dan Santuni Anak Yatim
    16 Antisipasi Lonjakan Covid 19, RSUD Mandau Tambah Kapasitas Ruang Isolasi
    17 Lagi, 15 Warga Riau Meninggal Dunia Akibat Covid-19, Terpapar 570 Orang
    18 Hitungan Menit, Sebagian Rumah di Jalan Duyung Kebanjiran, Lurah Kemana?
    19 Kejari Pekanbaru Pastikan Ekky Khadafi ''Clear'' dari Dugaan Korupsi
    20 Dua Bocah Tenggelam di Sungai Kampar Ditemukan Meninggal Dunia
    21 Panggung Toktan dan LSSK Bagikan Sedekah Ramadhan
    22 Gawat, Hari Ini 483 Kasus Baru Covid-19 di Riau dan 7 Lansia Meninggal Dunia
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar