MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Mushala Dengan Nama Terpanjang di Dunia
Panggung Toktan dan LSSK Bagikan Sedekah Ramadhan
Selasa, 04-05-2021 - 20:36:04 WIB
Mushalla Panggung Toktan yang diresmikan Gubernur Riau Syamsuar bagikan sedekah dan infak. 
TERKAIT:
 
  • Panggung Toktan dan LSSK Bagikan Sedekah Ramadhan
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Panggung Toktan di Jalan Harmonis Hang Tuah Ujung Pekanbaru, membagikan Sedekah Ramadhan sejak Senin (3/5) hingga Selasa (4/5/2021). Sedekah ini, berupa zakat, infak dan sumbangan dari donatur secara sukarela. 

    Panggung Toktan yang bekerja sama dengan Lembaga Studi Sosial Keagamaan (LSSK) Riau, seyogjanya juga akan mengadakan ceramah agama, pelatihan dan buka bersama. Tapi karena kondisi Covid 19 di Riau yang sudah tingkat mengkhawatirkan, maka acara ini dibatalkan. 

    Imam Panggung Toktan, HA Aris Abeba kepada sejumlah wartawan menjelaskan, mereka tidak diizinkan oleh Satgas Covid 19 Riau untuk mengadakan acara yang mengumpulkan banyak massa. "Karena itu, sebagai badan yang dipercaya menyalurkan sumbangan, kita memanggil orang ke rumah satu persatu, untuk diberikan sedekah Ramadhan," jelasnya. 

    Dikatakan Imam Aris, setiap Ramadhan, Panggung Toktan yang merupakan satu dari rumah budaya dan seni di Riau, selalu menggelar acara panggung dakwah Islam, ceramah agama, workshop untuk anak-anak jalanan, yatim piatu, berbuka bersama serta sedekah Ramadhan untuk kaum dhuafa. Tapi tahun ini banyak acara ditiadakan, karena situasi yang tidak memungkinkan itu. 

    Tapi, jelas Aris, donatur tetap yang setiap tahun membantu berbagai kegiatan, justru tidak menghentikan bantuannya. Mereka tetap mengirimkan dana untuk berbagai kegiatan. Sebab mereka sudah berniat untuk membantu jauh-jauh hari. 

    "Karena itulah, kita memanggil orang  yang berhak untuk menerima sedekah ke panggung secara perorangan. Kita bagi-bagikan untuk membantu kegiatan di Idul Fitri nanti. Meski jumlahnya tidak banyak, Mudah-mudahan bisa meringankan sedikit biaya Idul Fitri," terang Aris yang sudah mendirikan Panggung  Seni lebih dari 20 tahun. 

    Menurut Aris, selama karirnya menjadi Seniman, dia sudah membangun jaringan dengan banyak pihak, termasuk dengan pejabat pemerintah, swasta dan masyarakat umum. Disebabkan hal inilah, Panggung Toktan setiap tahun bisa mengadakan acara seni, dakwah, budaya termasuk menampilkan kesenian Riau hingga ke luar negeri. 

    Beberapa negara yang sudah disinggahi untuk pentas seni antara lain, Amerika Serikat, Meksiko, Jerman, Prancis, Swiss, Belgia, China, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Brunai Darusaalam dan beberapa provinsi di Indonesia. 

    Seiring berjalannya waktu, tambah Aris, Panggung Toktan saat ini lebih banyak mengadakan acara di panggung dengan menghimpun para seniman nasional maupun internasional. Acara yang digelar berupa pentas dan festival teater internasional, pembacaan puisi, bedah dan pameran buku, pameran lukisan, syair dan dakwah,  serta berbagi kepedulian antar sesama. 

    "Di lokasi panggung dengan areal seluas 5.000 meter ini, Gubernur Riau H. Syamsuar, Danrem WB Riau, Brigjen TNI Syech Ismed, Raja Indragiri Maizir MIT sejumlah Rektor universitas di Riau, seniman Riau dan penyair internasional dari Semenanjung Malaysia, Filipina, Australia, Swiss, Singapura sudah tampil membaca puisi di sini,"  ujarnya. 

    Untuk itu, sambungnya, dia berterima kasih pada semua pihak yang masih mendukung semua kegiatan di Panggung Toktan, termasuk donatur yang juga masih membagikan sebagian rezekinya setiap tahun melalui panggung. "Semoga Allah SWT akan membalas berlipat-lipat semua bantuan yang diberikan," kata Aris berterimakasih. 

    Nama Mushola Terpanjang di Dunia

    Sebelumnya, menjelang Ramadhan, Panggung Toktan juga membangun mushola yang merupakan bantuan Danrem WB Brigjen TNI Syech Ismed dan donatur lainnya. Mushola ini diresmikan oleh Gubernur Riau H. Syamsuar. Selama Ramadhan ini, mushola digunakan untuk shalat tarawih. 

    Yang unik dari tempat shalat ini adalah, nama mushola diperkirakan sebagai nama  terpanjang di dunia. Mushola ini diberinama; "Al Ikhlas Mukhlisina Lahuddin Walaukarihal Kafirun Walaukarihal Munafikun Walaukarihal Musyrikun Allahu Akbar Walillahil Hamd".

    Menurut Aris, nama Al Ikhlas adalah pemberian dari Danrem Syech Ismed. Tapi nama selanjutnya, adalah nama yang diberikan oleh komunitas Panggung Toktan. "Kami sepakat memberikan nama itu, karena belum ada di dunia nama mushola atau mesjid yang seperti itu. Kami sudah mengeceknya dan memang tak ada. Adanya cuma di Pekanbaru, Riau," tegasnya sambil tertawa.

    Selain itu, dengan banyaknya kegiatan di Panggung Toktan, juga akan memudahkan bagi mereka yang beragama Islam untuk beribadah. "Mushola yang diprakarsai Pak Danrem WB ini, meski tak begitu besar, tapi bisa pula untuk mengadakan berbagai kegiatan keagamaan," jelasnya mengakhiri. (**/rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Panggung Toktan dan LSSK Bagikan Sedekah Ramadhan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ciptakan Situasi Aman dan Kondusif, 29 Preman di Bengkalis Diamankan Polisi
    02 SMAN 5 Tapung Tingkatkan Kualitas Guru Pendidik Melalui Workshop Teknologi
    03 Pemkab Bengkalis Dukung Gerakan Tiga Kali Ekspor Komoditas Hasil Pertanian
    04 Panjat Atap Gedung, Seorang Napi Lapas Tembilahan Kabur
    05 Tiga Asosiasi Konstituen Dewan Pers di Riau Dukung Pergub Mitra Media
    06 Unjuk Karya, Mahasiswa UIN Suska Pajang Foto di Fakultas Dakwah dan Komunikasi
    07 Diskusi Ahli KPID Riau: Siaran TV Digital Bukan Menonton di Internet
    08 Enam Pesawat Tempur F-16 Amerika Serikat Latihan Bersama di Lanud Pekanbaru
    09 Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Hingga 28 Juni, Pengaturan Sesuai Zonasi Risiko Wilayah
    10 Illegal Fishing, Kapal Nelayan Malaysia Kembali Ditangkap di Perairan Rohil
    11 Banyak Dubes Asing di Ethiopia Pernah Bertugas di Indonesia
    12 Garap Potensi Desa di Bengkalis, Wabup Bagus Santoso Ajak Kerjasama Perusahaan
    13 Dunia Usaha Bantu Kontingen PON Riau, Gubri: Jangan Lagi Ada Alasan Kurang Bersemangat
    14 Bertemu Gubri, Wamen Perdagangan Segera ke Riau
    15 Kemhan Siap Dukung 'Food Estate' di Riau, Gubri: Arahannya Komoditas Singkong
    16 Presiden Dukung Arsip Gunakan Era Digital, Gubri Serahkan Tanah Depo
    17 Dukung ANRI, Gubri Serahkan Sertifikat Tanah dan Bangunan untuk Depo Arsip
    18 Mexsasai Indra Terpilih Jadi Dekan Fakultas Hukum, Saiman: Energi Baru Universitas Riau
    19 Selain Tuntaskan TPP Pemkab Rohil, Ini 'Program 100 Hari' Bupati Afrizal Sintong
    20 Usai Dilantik, Bupati dan Wabup Rohil Kunjungan Perdana ke Partai NasDem
    21 Dilantik Gubri, Duet Afrizal Sintong-Sulaiman Resmi Pimpin Rokan Hilir
    22
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar