MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Almarhum Marzum Hamid Dalam Kenangan
Ketua Umum IKA UNRI Suhu Wan: Beliau Orang yang Tulus dalam Membantu
Rabu, 05-01-2022 - 22:03:21 WIB
Jenazah Almarhum Marzum Hamid sebelum dishalatkan. Bawah: Ketika Marzum Hamid menyerahkan dukungan untuk Wan Muhammad Hasyim melalui Sekretaris IKA FKIP, Aiden Yusti saat pemilihan Ketua Umum IKA UNRI beberapa waktu lalu.
TERKAIT:
 
  • Ketua Umum IKA UNRI Suhu Wan: Beliau Orang yang Tulus dalam Membantu
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Ikatan Keluarga Alumni (KA) Universitas Riau kehilangan seorang tokoh pentingnya, yakni Drs H Marzum Hamid yang sehari-hari menjabat sebagai Ketua Harian. Selasa (4/1/2022) kemarin sekitar pukul 07.30 WIB, alumni FKIP Unri Angkatan 87 ini pergi untuk selama-lamanya menghadap Sang Khalik. Setelah disemayamkan di rumah duka, Perumahan Pandau Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, jenazah almarhum kemudian dimakamkan di pemakaman umum setempat.

    Kepergian almarhum membuat duka mendalam yang dirasakan banyak kalangan di Riau. Apalagi semasa hidupnya, selain pernah menjabat Direktur Community Development PT RAPP, almarhum juga memiliki pergaulan yang luas dan aktif di banyak organisasi. Tidak hanya di IKA Unri, salah satu tokoh perintis berdirinya Jurusan Teknologi Pulp dan Kertas ini juga aktif di Ikatan Keluarga Melayu Riau di RAPP.

    Ketua Umum IKA Unri H Wan Muhammad Hasyim SE Ak. yang akrab disapa Suhu Wan termasuk yang sangat terpukul dan setengah tidak percaya dengan kepergian almarhum. 

    "Saya sedih sekali. Saya sudah tidak enak badan dari malam kemarin. Sebenarnya tadi pagi ingin saya berangkat ke Pekanbaru, namun karena badan masih kurang fit dan dengan posisi di Bogor, saya juga rasanya tidak dapat mengejar waktu untuk ikut hadir saat penguburan. Insya Allah hari Jumat besok saya baru ke Pekanbaru untuk bertakziah kepada keluarganya," sebut Wan.  

    Wan bercerita, dirinya pertama kali bertemu Marzum pada 2010 silam. Saat itu dirinya menjadi pembicara seminar bisnis di Pekanbaru. Namun setelah itu dirinya tidak pernah berhubungan lagi. Barulah pada 2018 saat IKA Unri Jabodetabek mengadakan kumpul-kumpul alumni di kantornya di Jatibening, Bekasi sekaligus dies natalis Unri mereka bertemu kembali. 

    "Pertemuan saya dengan almarhum menjadi intens saat sama-sama sebagai panitia Kongres IKA Unri sejak bulan April 2021 yang lalu. Kemudian beliau yang ikut mendorong saya untuk menjadi Ketua Umum IKA Unri dengan alasan beliau sangat mendukung sekali dengan program pengembangan kewirausahaan," ungkapnya.  

    Semasa hidupnya, Wan mengenal Marzum sebagai orang yang sangat ramah, berempati pada orang lain, memiliki komunikasi yang baik dan selalu ceria. Almarhum menurutnya selalu hadir dalam setiap kegiatan IKA Unri.  

    "Beliau orang yang tulus dalam membantu. Banyak memberikan sumbang saran bagi kemajuan IKA dan juga bagi alumni. IKA Cafe yang sekarang sudah berjalan 90 persiapan, beliaulah yang melakukan. Alumni dan IKA sangat mengalami kehilangan seseorang yang sangat berdedikasi," ungkapnya.  

    Marzum sendiri menurut Wan terakhir berdiskusi soal perkembangan IKA Cafe. Bila IKA Cafe berjalan dengan baik sekitar tiga bulan, IKA Unri akan melanjutkan rencana untuk membuka toko di RS Unri Panam. Saat IKA Unri mengadakan vaksin bagi alumni pada Oktober 2021, bahkan hal itu sudah sepakati Rektor dan Kepala RS Unri. 

    "Rasanya masih sangat berat menerima kenyataan saya kehilangan beliau. Semoga Allah memberikan tempat terbaik bagi Almarhum, membalas semua kebaikan, amal ibadah yang telah almarhum dilakukan semasa hidup di dunia. Saya menjadi saksi atas kebaikan yang almarhum lakukan. Selamat jalan Bang Marzum, selamat jalan sahabatku. Alfatihah," tutur Suhu Wan.

    Selain dari Ketua Umum IKA Unri, ucapan belasungkawa juga datang dari Gubernur Drs H Syamsuar MSi, Rektor Unri Rektor Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, mantan Direktur Utama PT RAPP Rudy Fajar serta berbagai kalangan lainnya. Rektor menyebut Marzum merupakan salah satu alumni yang memiliki andil besar dalam pengembangan pendidikan di Unri.  

    "Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun. Kami selaku keluarga besar Unri tentunya sangat merasa kehilangan sosok dari almarhum Marzum Hamid. Karena bagi Unri, beliau termasuk orang yang memiliki andil yang cukup besar dalam perkembangan pendidikan, khususnya bagi Unri. Semoga segala amal baik beliau terutama bagi Unri mendapatkan tempat di sisi Allah SWT. Semoga Allah mengampuni dosanya dan Husnul Khatimah," sebut Rektor. (**/rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Ketua Umum IKA UNRI Suhu Wan: Beliau Orang yang Tulus dalam Membantu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Lantik 36 Pejabat Eselon II dan III, Bupati Rohil: Penilaian akan Terus Dilakukan
    02 Pemilik Kebun Sawit di Minas Tewas Diinjak Gajah Liar dengan Kondisi Mengenaskan
    03 Penlok Selesai, Pemerintah Mulai Ganti Rugi Lahan Tol Rengat-Jambi
    04 Harga Sawit Riau Kembali Pecahkan Rekor, Melesat Naik Rp3.533,8/Kilogram
    05 Bupati Rohil Serahkan Santunan Kemensos Pada Ahli Waris Nelayan yang Dimangsa Buaya
    06 70 Persen Napi Lapas Selatpanjang Didominasi Kasus Narkoba
    07 Demo di DPRD Riau, Imigran Afganistan Tuntut Kepastian Dipindahkan ke Negara Ketiga
    08 Polisi Tangkap 8 Pelaku Pembakar Mobil Dinas Lapas Pekanbaru
    09 Besi Jembatan Siak IV Dicuri, Dinas PUPR-PKPP Riau Lapor ke Polisi
    10 Besok, Minyak Goreng Murah Mulai Dijual di Pasar Tradisional Riau
    11 LAM Rohil Beri Gelar Dandim 0321 ''Datuk Paduko Setio Rajo''
    12 Terekam CCTV, Residivis Maling Pagar di Pekanbaru Diringkus Polisi
    13 Masuki Musim Penghujan, BPBD Pekanbaru Siagakan Personel 24 Jam
    14 Pemprov Riau Wacanakan Bangun Kawasan Perkantoran Terpadu di Jalan Cut Nyak Dien
    15 UMSU–UIR Komit Kolaborasi Pengembangan Pendidikan
    16 Disorot Soal Pemanfaatan Tanah Uruk di Rohil, Ini Penjelasan PHR WK Rokan
    17 Pengurus Perbakin Riau Dilantik, Gubri Syamsuar: Perbanyak Iven Pertandingan
    18 Mobil KPLP Pekanbaru Dibakar, Pujo Harinto: Jangan Takut Diteror Saat Perangi Narkoba
    19 61 Peserta Asesmen Pemprov Riau Lolos Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural
    20 Polda Riau Tangkap 11 Jaringan Narkoba Jenis Sabu dari Malaysia
    21 Rohil Bidik 400 Sumur Migas Tua, Bupati Afrizal: Bisa Produksi 40.000 Barel/Hari
    22 Perekonomian Rohil Mulai Menggeliat, Perusahaan Korsel Investasi Rp7 Triliun
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar