MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Bupati Meranti Tolak Kunker Gubri, Dheni Kurnia: Itu Pembangkangan Pada Pemerintah
Jumat, 14-10-2022 - 15:03:11 WIB
Dheni Kurnia dan M Adil. 
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, MataPers - Penolakan kunjungan kerja Gubernur Riau Syamsuar yang dilakukan Bupati Kepulauan Meranti M Adil terus mendapat sorotan dari berbagai kalangan. Selain dinilai tidak beretika, Bupati M Adil juga dipandang telah membangkang terhadap pemerintah pusat.

"Kenapa saya bilang begitu? Yang melantik bupati itu ya Gubernur. Karena gubernur juga mewakili pemerintah pusat, berarti Adil itu membangkang pada Pemerintah. Jadi dia tak paham dengan tugasnya sendiri. Bagaimana  rasanya jika Bupati dilarang camat untuk masuk wilayahnya?" kata Penasihat Ahli Gubernur Riau Bidang Informasi dan Komunikasi H Dheni Kurnia, Jumat (14/10/2022) menanggapi kejadian yang menghebohkan itu. 

Seperti diberitakan media ini sebelumnya, kunjungan kerja Gubernur Riau Syamsuar ke Meranti pada Kamis (13/10/2022) batal dilakukan karena kehadirannya mendapat penolakan dari Bupati Kepulauan Meranti M Adil. Akibatnya agenda Gubri ke Sekretariat Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Rumbio Nusa Mandiri (RNM) batal lantaran persoalan itu.

Bupati M Adil sendiri membantah  menolak kedatangan Gubernur Riau, Syamsuar, ke negeri penghasil Sagu tersebut. "Siapa yang menolak?" Jawab M Adil balik bertanya saat ditanyakan media tentang kabar penolakan kunjungan Gubernur Syamsuar.

Namun, adanya kesan kekecewaan terhadap Gubernur Syamsuar dari Bupati Kepulauan Meranti, M Adil, tidak dapat disembunyikan. M Adil  seakan mengungkit janji kampanye Syamsuar saat mencalonkan jadi Gubernur Riau. 

Ia mengatakan, Syamsuar bukan ditolak datang ke Meranti, akan tetapi batal membawa janji kampanye. "Syamsuar itu batal membawa janji kampanye ke Meranti," sentil M Adil.

Menurut Dheni Kurnia, penolakan kehadiran Syamsuar karena janji kampanye, itu membuktikan Aidil "Asbun". "Kalau gubernur berjanji, dia akan berusaha menepati. Cuman kadang prosesnya yang lambat, karena menunggu regulasinya. Apapun alasannya jangan melarang orang untuk datang. Tamu harus dihormati, meskipun datang tak diundang," tegas Dheni Kurnia yang juga wartawan senior Riau tersebut. 

Dheni mengaku sangat prihatin dengan sikap kepemimpinan Bupati Meranti M Adil. Sebagai kepala daerah, tidak semestinya hal demikian dipertontonkan kepada nasyarakat. "Jadilah kepala daerah yang arif dan bijaksana. Berpikir sebelum berkata dan bertindak. Jangan Asbun atau adalah bunyi," kritik Dheni.

Kejadian bupati menolak kedatangan gubernur ke daerahnya, menurut Dheni, baru kali ini terjadi di Indonesia. Dan itu terjadi di Riau. "Ada warga yang ditolak datang oleh kepala daerahnya. Apalagi yang ditolak oleh bupati itu adalah gubernur Riau yang yang ingin jumpa masyarakatnya. Dia wakil pemerintah pusat, sekaligus Gubernur Riau," sebut Dheni dengan nada heran. 

Dijelaskan Dheni, memang dalam kejadian itu Gubri berinisiatif untuk menunda kunjungannya. Karena berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, ada kekhawatiran jika Gubri tetap memaksakan datang akan ada pejabat setempat yang terkena sanksi nantinya. 

"Untung gubernur menunda minatnya berkunjung. Karena untuk menjaga satu dan lain hal. Gubernur khawatir jika dia berkunjung nanti ada pula pejabat yang kena indisipliner dari  bupatinya. Entah camat, lurah dan sebagainya," kata Penasihat Ahli Gubernur tersebut.

Dheni sendiri mendapat informasi bahwa penolakan tersebut diduga terkait dengan tahun politik Pilkada 2024. "Saya dengar Adil akan maju jadi Gubernur Riau. Kalau ini soalnya, ya maju aja. Gak ada yang larang kok.  Jangan pula ini dijadikan sangkaan Gubernur Syamsuar akan kampanye sebelum waktu. Itu masih lama. Masih tahun 2024 nanti," tutup Dheni Kurnia. (mp01)



 
Berita Lainnya :
  • Bupati Meranti Tolak Kunker Gubri, Dheni Kurnia: Itu Pembangkangan Pada Pemerintah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Rohil Sampaikan Masa Reses Anggota Dewan Mulai 5-10 Desember 2022
    02 LSM-LIRA Himbau Pemko Pekanbaru Perbaiki Jalan Suka Karya yang Rusak Parah
    03 Terobosan Baru, Pengurus JMSI Pelalawan Dilantik di Ibukota Negara
    04 APBD 2023 Rokan Hilir Disahkan Rp2,2 Triliun, Defisit Rp65,9 Miliar
    05 Banggar DPRD Rohil Bersama TAPD dan OPD Gelar Rapat Finalisasi Pembahasan RAPBD 2023
    06 Dihadiri Dirjen Kominfo, Bupati Afrizal Sintong Resmikan TVRI Rohil
    07 Peringati Harlah Ke-55, Pengurus Kopri PMII Indragiri Hilir Gelar Diskusi Santai
    08 Dihadiri Wakapolri dan Dua Gubernur, Rakernas IKA Unri Digelar 10-11 Desember 2022 di Siak
    09 HUT Korpri ke-51, Bupati Rohil Afrizal Sintong: ASN Harus Jadi Prajurit Kebhinekaan
    10 DPRD Rohil Paripurnakan Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi
    11 Gempa Cianjur, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Dana Rp676 Juta
    12 Patroli Jalan Kaki, Kapolres Inhil Sambangi Tukang Becak dan Ojek
    13 Para Pensiunan Pemprov Riau Bangga dan Terharu Disambangi Gubernur Syamsuar
    14 Pemprov Riau Gerak Cepat, Jalan Lintas Rangau Duri Segera Diperbaiki
    15 Dianggarkan Rp32 Miliar di APBD-P, Gaji Guru PPPK Rohil Dibayarkan Mulai Pekan Ini
    16 Pelabuhan Perikanan Internasional Dibangun di Bagan Siapi-api Tahun 2023
    17 Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubri Berharap Jembatan Selat Melaka Bisa Terwujud
    18 HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional, Bupati Rohil Minta Kualitas Pendidikan Terus Ditingkatkan
    19 Kukuhkan Pengurus FSPSPKR, Bupati Rohil: Kami Sangat Menghargai Jasa Pendiri Kabupaten
    20 DPRD Rohil Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun 2023
    21 Pansus DPRD Bersama Pemkab Rohil Gelar Rapat Lanjutan Pembahasan RTRW
    22 Bapemperda DPRD Rohil Rapat Bersama OPD Bahas Program Pembentukan Perda 2023
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar