MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Riau Siaga Bencana Alam, 4.000 Personel Gabungan Siap Diterjunkan
Selasa, 22-11-2022 - 15:57:52 WIB
Gubri Syamsuar didampingi Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memeriksa pasukan pada apel gelar pasukan siaga bencana alam, Selasa (22/11/2022) di halaman Kantor Gubernur Riau.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, MataPers - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal bersama Forkopimda memimpin apel gelar pasukan kesiapsiagaan penanganan bencana alam Provinsi Riau tahun 2022, Selasa (22/11/2022) pagi.

Apel gelar pasukan siaga bencana dilaksanakan di halaman apel Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman, dihadiri Forkopimda, TNI, Polri serta dinas terkait lainnya.
 
Sekitar 4.000 lebih personel gabungan TNI/Polri dan instansi terkait lainnya disiagakan untuk mengantisipasi bencana alam di Provinsi Riau.Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, apel siaga bencana bersama stakeholder terkait ini digelar guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di Provinsi Riau.

"Apel siaga ini kita persiapan sekitar 4.000 lebih personil. Prinsipnya Pemerintah Provinsi, kabupaten kota dibackup sepenuhnya oleh TNI, Polri dalam hal ini Korem, Lanud, Lanal dan Polda Riau sudah harus action dan menyiapkan mesin-mesin serta semua satu kesatuannya untuk melakukan dua hal yang pertama preemtif dan preventif," kata Irjen Iqbal 
 
Dalam menghadapi bencana, kata Irjen Iqbal, kita juga tahu bahwa pencegahan ini penting, drainase, sampah dan lain-lain harus betul betul clear dan juga bersih, sehingga potensi untuk banjir, longsor dan lain sebagainya dapat diminimalisir.

"Himbauan-himbauan melalui Babinsa, Bhabinkamtibmas, kepala desa dan lain-lain sudah bergerak semua dan yang kedua TNI, Polri sudah menyiapkan skenario-skenario terburuk di kabupaten kota masing-masing. Ini sudah menjadi agenda kami dan ada beberapa kabupaten kota yang sudah melaksanakan apel ini dan kami sudah perintahkan, setelah provinsi melaksanakan apel persiapan, wajib bergandengan tangan melakukan apel konsolidasi untuk melaksanakan preemtif dan preventif strike juga melaksanakan upaya upaya kesiapsiagaan. Kalau hal buruk terjadi sudah tau apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, rumah sakit rujukan dan siapa yang bertanggungjawab," tegas Iqbal. 

Kata mantan Kadiv Humas Polri ini, untuk kabupaten kota yang banjir saat ini baru Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sama Rokan Hilir (Rohil), Dumai hanya banjir rob.

"Alhamdulillah sampai hari ini belum begitu bisa dikatakan rawan, tetapi mapping kita dari tahun ke tahun tiga kabupaten/kota itu yang kita waspadai, tapi ada beberapa juga seperti Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) dan juga Kampar.  Kita juga harus waspadai. Intinya kita over estimate tidak mau under estimate, Provinsi Riau harus siap dengan segala kondisi apapun untuk mengantisipasi segala hal," terangnya.

Senada disampaikan Gubernur Riau Syamsuar, dalam penanganan bencana alam di Provinsi Riau nantinya akan mengerahkan 4.000 lebih personil gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, hingga Satpol PP. 

"Oleh karena itulah perlu kesiapsiagaan kita, apalagi kita sebentar lagi memasuki perayaan Natal dan Tahun Baru. Untuk itu juga perlu menyiapkan apel kesiapsiagaan dalam rangka menghindari terjadinya bencana banjir, longsor, dan lainnya," jelas Syamsuar.

Diketahui, di beberapa daerah di Riau telah terjadi banjir. Gubernur Syamsuar mengimbau masyarakat di daerah-daerah rawan bencana alam seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung untuk siap siaga atau waspada.
 
Jika terjadi bencana alam, Syamsuar minta masyarakat tidak sungkan dan segera melapor atau menghubungi pemerintah setempat, baik kepala desa, lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. 

"Untuk itulah hari ini kita melaksanakan apel siaga bersama TNI Polri dalam rangka jika nanti terjadi bencana kita sudah siap," pungkas Syamsuar.

Dalam mengantisipasi bencana, sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah mengumumkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai 21 Maret hingga 30 November 2022. 

Pemprov Riau, Forkopimda dan stakeholder terkait dianggap telah berhasil dalam melakukan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kunig, sehingga status siaga karhutla ini nantinya akan ditindak lanjuti. (**/mcr)



 
Berita Lainnya :
  • Riau Siaga Bencana Alam, 4.000 Personel Gabungan Siap Diterjunkan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Rohil Sampaikan Masa Reses Anggota Dewan Mulai 5-10 Desember 2022
    02 LSM-LIRA Himbau Pemko Pekanbaru Perbaiki Jalan Suka Karya yang Rusak Parah
    03 Terobosan Baru, Pengurus JMSI Pelalawan Dilantik di Ibukota Negara
    04 APBD 2023 Rokan Hilir Disahkan Rp2,2 Triliun, Defisit Rp65,9 Miliar
    05 Banggar DPRD Rohil Bersama TAPD dan OPD Gelar Rapat Finalisasi Pembahasan RAPBD 2023
    06 Dihadiri Dirjen Kominfo, Bupati Afrizal Sintong Resmikan TVRI Rohil
    07 Peringati Harlah Ke-55, Pengurus Kopri PMII Indragiri Hilir Gelar Diskusi Santai
    08 Dihadiri Wakapolri dan Dua Gubernur, Rakernas IKA Unri Digelar 10-11 Desember 2022 di Siak
    09 HUT Korpri ke-51, Bupati Rohil Afrizal Sintong: ASN Harus Jadi Prajurit Kebhinekaan
    10 DPRD Rohil Paripurnakan Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi
    11 Gempa Cianjur, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Dana Rp676 Juta
    12 Patroli Jalan Kaki, Kapolres Inhil Sambangi Tukang Becak dan Ojek
    13 Para Pensiunan Pemprov Riau Bangga dan Terharu Disambangi Gubernur Syamsuar
    14 Pemprov Riau Gerak Cepat, Jalan Lintas Rangau Duri Segera Diperbaiki
    15 Dianggarkan Rp32 Miliar di APBD-P, Gaji Guru PPPK Rohil Dibayarkan Mulai Pekan Ini
    16 Pelabuhan Perikanan Internasional Dibangun di Bagan Siapi-api Tahun 2023
    17 Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubri Berharap Jembatan Selat Melaka Bisa Terwujud
    18 HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional, Bupati Rohil Minta Kualitas Pendidikan Terus Ditingkatkan
    19 Kukuhkan Pengurus FSPSPKR, Bupati Rohil: Kami Sangat Menghargai Jasa Pendiri Kabupaten
    20 DPRD Rohil Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun 2023
    21 Pansus DPRD Bersama Pemkab Rohil Gelar Rapat Lanjutan Pembahasan RTRW
    22 Bapemperda DPRD Rohil Rapat Bersama OPD Bahas Program Pembentukan Perda 2023
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar