MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Miris, Puluhan Warga Rimba Melintang Rohil Pinjam Uang Pergi ke Dinsos
Senin, 29-06-2020 - 08:10:04 WIB
Puluhan warga tak mampu dari Kelurahan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir mendatangi Dinas Sosial setempat pertanyakan Bansos Covid-19.
TERKAIT:
 
  • Miris, Puluhan Warga Rimba Melintang Rohil Pinjam Uang Pergi ke Dinsos
  •  

    BAGANSIAPIAPI, MataPers - Puluhan warga tak mampu dari Kelurahan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) rela meminjam uang buat transportasi demi menyampaikan keluhannya ke Dinas Sosial terkait bantuan sosial  dampak Covid-19 yang tidak tepat sasaran di daerahnya.

    Dari puluhan warga tersebut, Nariyati (52) warga Rt 10 Kelurahan Rimba Melintang didampingi warga lainnya berkeluh kesah di hadapan awak media karena dirinya yang memiliki 7 anak dan penghasilannya hanya didapat dari jualan gorengan di sekolahan tersebut tidak mendapatkan bantuan apapun selama Covid 19. Sementara sejak sekolah diliburkan dirinya tidak berpenghasilan, sedangkan suaminya hanya kerja mocok-mocok.

    "Begitu banyaknya bantuan dampak Covid 19 ini, masa tidak ada satupun yang kami dapatkan. Kalau bantuan PKH dan BPNT kami gak iri karena yang dapat memang orang susah, tapi bantuan BLT desa ataupun yang lainnya banyak orang kaya yang dapat. Itu banyak di lingkungan keluarga perangkat saja, besan ke besan bahkan anak yang baru nikah belum punya KK saja bisa dapat," kata Nariyati pada Jumat (26/6/2020) kemarin.

    Lanjutnya, "melalui media kami ingin sampaikan ke pak Jokowi, karena kami dulu milih pak Jokowi. Kenapa waktu pilpres atau pilkada suara kami dibutuhkan tapi waktu ada bantuan kami yang orang susah ini diabaikan," keluhnya.

    Nariyati dengan nada sedih mengatakan bahwa dirinya terpaksa meminjam uang untuk membeli minyak kendaraannya sebesar Rp50.000 untuk sampai ke Dinas Sosial guna menanyakan prihal bantuan apa saja yang dibagikan untuk masyarakat di masa Covid 19, karena di tingkat RT sampai Kelurahan tidak mendapatkan jawaban yang patut.

    "Untuk sampai ke Dinas Sosial ini saya terpaksa minjam duit lima puluh ribu untuk beli minyak kenderaan. Padahal uang segitu bisa untuk makan kami sekeluarga sore ini dan besok," ungkapnya dengan mimik wajah sedih.

    Hal senada juga disampaikan Kamal dan Widi (30) warga  RT 28 Kelurahan Rimba Melintang bahwa mereka tidak faham dan kurang mendapat informasi dari RT maupun Kelurahan tentang berbagai bantuan dampak Covid 19 ini.

    "Kami ada dimintai KK, tapi bantuan apapun kami tak dapat. Kami cuma dengar cerita orang dapat bantuan sembako, bantuan tunai, tapi kelihatan yang dapat malah yang kaya. Lalu untuk apa KK kami yang dikutip itu," keluh Widi dengan kesal.

    "Melalui berita, rakyat disuruh pak Jokowi diam di rumah selama masa covid 19, ya kami berdiam di rumah sehingga tidak dapat mencari nafkah, lalu kami makan apa ? Tapi ketika ada bantuan dari pemerintahan kami orang susah ini yang jelas terdampak ekonominya tak mendapatkan apa-apa, malah yang kaya dapat bantuan," terangnya.
     
    Kepala Dinas Sosial Rohil, dr Junaidi Saleh saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, Minggu (28/6/2020) membenarkan kedatangan puluhan masyarakat Kecamatan Rimba Melintang tersebut.

    "Mereka datang untuk menyampaikan tentang penerima bansos Covid 19 tidak layak, sementara yang layak tidak mendapat. Kami sampaikan bahwa data dapat diubah setiap tiga bulan melalui PSM dan musdes atau muskel untuk dikirimkan melalui dinas sosial lalu dikirim ke Kemensos utk disahkan," kata Junaidi.

    Lanjutnya,  di desa atau Kepenghuluan ada PSM untuk mendata warga yang dianggap layak untuk diusulkan. Dan  data wajib dimusyawarahkan untuk mendapat persetujuan melalui  Musdes. Jadi yang bisa mengubah data itu melalui Musdes atau Muskel. "Kalau Dinsos tidak berhak mengubah data. Kami cuma meneruskan data ke Kemensos untuk disahkan," katanya. (tim)



     
    Berita Lainnya :
  • Miris, Puluhan Warga Rimba Melintang Rohil Pinjam Uang Pergi ke Dinsos
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Investigasi Dinsos Rohil Temukan Dana PKH Labuhan Tangga Hilir Dicairkan Oknum Pendamping
    02 Sejumlah PPDP Bengkalis Reaktif, KPU: Tahapan Pilkada Tak Terganggu
    03 Anggota PWI Riau Terdampak Covid-19 Terima Bantuan Sembako
    04 Muncul Dua Kasus Baru Covid-19 di Riau, Satu dari Hasil Swab Mandiri
    05 Mengejutkan, Jumlah Positif Covid-19 Meroket, Hari Ini Bertambah 2.657 Orang
    06 Anggaran Covid-19 Diperbesar, KPK Sinyalir untuk Pencitraan Oknum Bupati/Wako di Pilkada
    07 Sidang Korupsi Bengkalis, Indra Gunawan Eet Bikin Kesal dan Geram Majelis Hakim
    08 Tekan Covid-19, Bupati Inhil Resmikan Kampung Tangguh Nusantara
    09 Rakor dengan BI, Sekda Inhil Bahas Pengendalian Inflasi Kota Tembilahan
    10 Dubes Al Busyra: Dosen, Peneliti dan Mahasiswa Ethiopia Ingin Belajar di Indonesia
    11 Hari Ini Riau Nihil, Total Dirawat 10 Orang dan 1.986 PDP Sembuh
    12 Terjadi Rekor Baru Pasien Positif Corona, Hari Ini Bertambah 1.853 Orang!
    13 KLHK Patroli Terpadu di 154 Desa Rawan Karhutla, Riau Terbanyak
    14 Dengan Tangan Diborgol, Majelis Tipikor Pindahkan Amril Mukminin ke Pekanbaru
    15 8 Hektare Lahan Terbakar di Rangsang, Polisi Lidik Pelaku Pembakaran
    16 Rektor UIR dan Bupati Kampar Saksikan Pascasarjana Teken MoA dengan Sekda
    17 Amankan 1.062 Dus Rokok Tanpa Cukai di Perairan Inhil, Polda Riau Selamatkan Kerugian Negara Rp4.9 M
    18 Rampungkan Monev, KI Riau Apresiasi PPID Instansi Vertikal
    19 BC Bengkalis Musnahkan 1.115 Karung Bawang Merah Ilegal dari Malaysia
    20 Komisi IV Bengkalis Kunjungi Disdik Riau, Pertanyakan PPDB dan Sistem Zonasi
    21 Belum Bayar Ganti Rugi, Warga Hadang PT HKI di Pintu Masuk Tol Pekanbaru-Dumai
    22 Dua Putra Mantan Presiden Ditangkap, Diduga Terima Suap Rp708 M
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar