MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Selain Tuntaskan TPP Pemkab Rohil, Ini 'Program 100 Hari' Bupati Afrizal Sintong
Rabu, 09-06-2021 - 12:31:05 WIB
Ketua Tim Sembilan Nasruddin Hasan. 
TERKAIT:
 
  • Selain Tuntaskan TPP Pemkab Rohil, Ini 'Program 100 Hari' Bupati Afrizal Sintong
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaiman akan menuntaskan persoalan tambahan penghasilan pegawai (TPP) PNS di Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir yang pembayarannya mandeg selama ini. Penyelesaian TPP PNS itu menjadi prioritas pemerintahan baru Rokan Hilir dan sekaligus bagian dari program kerja "100 Hari Pertama" keduanya.

    "Bagaimana pegawai di Pemkab Rokan Hilir akan dapat bekerja dengan nyaman kalau TPP yang diharapkan mereka selama ini mandeg pembayarannya. Sementara gaji bulanan mereka sudah tidak ada lagi karena umumnya sudah habis untuk membayar cicilan pinjaman di bank," kata H Nasruddin Hasan, Ketua Tim Sembilan/Transisi Pemerintahan Rokan Hilir, kepada MataPers.com, Rabu (9/6/2021).

    Menurut mantan Ketua DPRD Rokan Hilir dua periode itu, Bupati Afrizal Sintong dan wakilnya, sudah sepakat penyelesaian masalah TPP masuk dalam program prioritas 100 hari mereka. "Jadi, dalam 100 hari atau tiga bulan sejak beliau berdua mulai menjalankan roda pemerintahan Rokan Hilir, persoalan TPP ini harus tuntas. Nantinya, tidak ada lagi TPP yang pembayarannya sampai tertunda tiga hingga empat atau bulan. Sepekan setelah PNS terima gaji setiap awal bulan, TPP itu juga sudah harus dibayarkan. Ini target Bapak Bupati dan Wakil Bupati," terang Nasruddin yang juga politisi Golkar itu.

    Tim Sembilan, kata Nasruddin, merupakan tim yang dibentuk bupati dan wakil bupati terpilih, Afrizal Sintong dan Sulaiman, pasca-dinyatakan sebagai pemenang Pilkada Rokan Hilir pada 9 Desember 2020 silam. Selain Nasruddin, Tim Sembilan tersebut berisikan figur-figur yang mewakili unsur partai pengusung dan pendukung serta orang-orang yang diutus bupati terpilih dan wakil bupati terpilih. Tokoh masyarakat Rokan Hilir yang juga ayah kandung wakil Bupati terpilih Rokan Hilir, yakni Azhar "Wak Atan" Syakban termasuk dalam deretan Tim Sembilan tersebut.

    Tim Sembilan inilah yang menggodok program jangka pendek, termasuk program "100 Hari Pertama" yang akan dijalankan Bupati Afrizal Sintong bersama wakil bupati Sulaiman. Mereka sudah mulai merancang percepatan program-program kerja Bupati Afrizal Sintong tersebut sejak akhir Desember 2020 silam hingga menjelang pasangan Afrizal-Sulaiman dilantik Gubernur Riau Syamsuar pada Selasa, 8 Juni 2021 kemarin.

    "Alhamdulillah kami sudah rampungkan tugas-tugas yang diberikan Bapak Bupati untuk program 100 hari pertama tersebut. Jadi begitu beliau berdua resmi mulai masuk kantor pada Jumat (11/6) lusa, tidak lagi baru akan mempelajari persoalan-persoalan di Rokan Hilir. Tetapi sudah bisa langsung action, ya salah satunya menyelesaikan masalah pembayaran TPP yang selama ini telah berakibat menurunnya produktifitas pegawai karena hak-hak mereka tertunda-tunda terus dibayarkan," kata Nasruddin.

    Tim Sembilan, ujar Nasruddin, menilai sudah tidak masanya lagi kepala daerah yang baru dilantik berleha-leha atau masih menmpelajari persoalan-persoalan setelah dilantik. "Ya, harus gerak cepat. Selain memang banyak persoalan yang harus diselesaikan, sekarang ini kan masa jabatan bupati sangat pendek, tidak full lima tahun, bukan 2021-2026, melainkan 2021-2024. Malah dari sekarang, Efektifnya, hanya tiga tahun sekian bulan saja. Sebab setelah itu sudah masuk lagi tahapan Pilkada berikutnya, yakni tahun 2024," terang mantan polisi yang dikenal familiar dengan kalangan media tersebut.

    Lalu, apa saja program "100 Hari Pertama" pasangan Afrizal Sintong-Sulaiman yang telah dirumuskan oleh Tim Sembilan atau Tim Transisi tersebut? 

    Dijelaskan Nasruddin, selain soal TPP tadi, Tim Sembilan juga merekomendasikan kepada pemerintahan Afrizal Sintong-Sulaiman di antaranya melakukan penataan aset, penataan administrasi serta tentu juga penetapan target kerja dinas-dinas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

    "Jangan karena dalam masa pandemi Covid-19 dinas-dinas berjalan apa adanya saja. Mesti ada target. Misalnya, Dinas Perkebunan, Pertanian atau Dinas Tanaman Pangan berapa target produksi padi atau pangan tahun ini. Itu harus jelas dan terukur targetnya. Setelah enam nanti dievaluasi. Kalau tidak tercapai apa kendalanya. Jadi tidak bisa dibiarkan begitu saja (dinas-dinas) tanpa target," terang Nasruddin.  

    Dalam program kerja "100 Hari" tersebut, kata Nasruddin, Tim Sembilan juga telah menyiapkan bahan-bahan yang akan dibahas Bupati Afrizal Sintong dengan berbagai pihak. "Misalnya di awal-awal Pak Afrizal bekerja nanti, didatangi oleh tim dari Dinas Perikanan. Nah, beliau sudah tahu dulu apa persoalan-persoalan di sektor perikanan. Pak Bupati juga bisa langsung memberikan arahan kepada dinas-dinas terkait apa yang mesti dilakukan. Kira-kira seperti itu bahan yang kita persiapkan di Tim Sembilan," cetus Nasruddin. (mp01)



     
    Berita Lainnya :
  • Selain Tuntaskan TPP Pemkab Rohil, Ini 'Program 100 Hari' Bupati Afrizal Sintong
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Riau Peringkat 6 Nasional, Realisasi Investasi Semester I Capai Rp23,09 Triliun
    02 Polsek Bangko Musnahkan 55,4 Gram Sabu, Pengedar Masih DPO
    03 Bupati Afrizal Sintong Serahkan BST dan Beras Bulog PPKM untuk Warga Miskin Rohil
    04 Bupati Afrizal Harapkan Anggota DPR-RI Dapil Riau Dapat Perjuangkan Rohil di Blok Rokan
    05 Berkekuatan 18 Tenaga Medis, RSUD Mandau Bakti Sosial di Dusun Bagan Boneo
    06 Kapolda Riau dan Ketua LAMR Tepuk Tepung Tawar 450 Siswa Diktuba Polri
    07 Disanksi Tak Masuk Hari Libur, 26 Karyawan PT PDR Air Molek Lapor ke Disnaker Riau
    08 Hadiri Muscab PKB Rohil, Bupati Afrizal Sintong Ajak Pengurus Selalu Dukung Pemerintah
    09 Besok Hari Terakhir, Jumlah Pendaftar CASN di Riau Capai 3.763 Orang
    10 Wabup Sulaiman Harapkan LAMR Rohil Mampu Tunjukkan Jati Diri
    11 Pimpin Patroli Skala Besar, Kapolda Riau Bagikan Sembako dan Borong Dagangan Kaki Lima
    12 Bupati Afrizal Sintong Berang, Pihak PT JJP Tidak Hargai Pemda Rohil
    13 HAN 2021 di Tengah Pandemi, Dialog Gubri Syamsuar dengan Anak-anak yang Rindu Kembali ke Sekolah
    14 Dengar Keluhan Warga, Wabup Sulaiman Sidak RSUD Dr Pratomo Bagansiapiapi
    15 Bupati Afrizal Sintong Hadiri Pemotongan Hewan Kurban di Kantor Pemkab dan DLH Rohil
    16 Karhutla di Batas Rohul dan Kampar, Dua Heli Dikerahkan ke Lokasi
    17 Tim Gabungan Polres Bengkalis Gelar Operasi Penegakan Prokes Covid-19
    18 Sambil Lantik Penghulu Air Hitam, Bupati Rohil Bawa Para Kadis Tinjau Infrastruktur Desa Terisolir
    19 Gubri Syamsuar Hadiri Pemotongan Hewan Kurban di PWI Riau
    20 Idul Adha, Warga Perumahan PPH Rimbo Panjang Potong 5 Hewan Kurban
    21 Majelis Komisioner KI Riau Tunda Sidang Sengketa Informasi RSJ Tampan
    22 Gubri Syamsuar Sumbang Satu Ekor Sapi Kurban untuk PWI Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar