MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
Rabu, 15-09-2021 - 15:59:06 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau H Ahmad Fitri berbincang dengan Bupati Rohil Afrizal Sintong dan wabup Sulaiman di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rohil.
TERKAIT:
 
  • Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
  •  

    ROKAN HILIR, MataPers - Tanpa pemberitahuan, secara mendadak Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau H Ahmad Fitri dan rombongan melakukan penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik di kantor dinas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (15/9)2021) pagi.

    Dinas yang pertama dilakukan penilaian oleh Ombudsman adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Selanjutnya Ombudsman melakukan penilaian terhadap dinas lainnya di bidang pelayanan seperti Disdukcapil, RSUD, Puskesmas, Bappenda dan lainnya.

    Mendengar adanya kedatangan Ombudsman, Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wakil Bupati H Sulaiman langsung datang menemui rombongan Ombudsman yang sedang melakukan peninjauan di DPMPTSP.

    Pada kesempatan itu Bupati Rohil berbincang-bincang dengan pihak Ombudsman RI Perwakilan Riau. Bupati Rohil juga meminta tunjuk ajar kepada Ombudsman RI agar ke depannya pelayanan publik terhadap masyarakat semakin meningkat.

    "Kami masih baru berjalan sekitar tiga bulan, jadi kami juga butuh saran dan masukan bagaimana kedepannya lebih baik lagi," kata Afrizal Sintong kepada Kepala Ombudsman RI.

    Bupati mengungkapkan, sampai tahun 2019 indeks pelayanan publik di Kabupaten Rohil berwarna merah maron dalam catatan Ombudsman. Untuk tahun 2021 ini, warna tersebut telah berubah menjadi warna hijau.

    "Tahun 2021 ini sudah ada anggota Ombudsman yang turun melakukan penilaian, hasilnya hijau. Kepala Ombudsman kurang yakin dengan hasil itu, makanya kembali turun melakukan pengecekan, dan ternyata hasilnya sesuai," ungkap Afrizal.

    Bupati berharap dengan dilaporkannya hasil penilaian itu kepada pemerintah pusat, Kabupaten Rokan Hilir bisa meraih peringkat lima besar Se Indonesia.

    " Ini jauh meningkat dari maron sampai hijau. Artinya pelayanan kita sudah bagus, tapi bagaimana untuk menjadi lebih bagus dan mempertahankannya," tutup Afrizal.

    Kepala Ombudsman RI Perwakilan Riau H Ahmad Fitri saat dikonfirmasi media mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan ini dalam rangka melihat kembali kondisi pelayanan yang ada di Kabupaten Rohil karena tahun-tahun sebelum nya Ombudsman juga sudah melihat bagaimana kondisi pelayanan yang ada di Rohil.

    'Kebetulan dalam kunjungan ini kami juga bertemu dengan Bupati dan wakil Bupati, dan kami Ombudsman tentu menyampaikan kepada Bupati bagaimana sebaiknya pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pelayanan publik," bebernya.

    Ahmad Fitri menambahkan, pihaknya juga menyampaikan khususnya yang ada di Dinas Penanaman Modal ini bahwa secara umum melihat kondisi pelayanan sudah bagus. Diharapkan kondisi seperti ini bisa dipertahankan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Rohil yang ingin mendapatkan pelayanan perizinan.

    "Pagi ini kami melihat pelayanan yang ada di DPMPTSP, memang sifat kunjungannya mendadak. Saya pun baru bertemu pagi ini dengan Kadis dan kita melihat kondisi pelayanan yang ada di dinas ini," ujarnya.

    Ahmad juga mengaku sejauh ini pihaknya belum pernah mendapat laporan dari masyarakat berkaitan dengan buruknya pelayanan di dinas yang ada di kabupaten Rokan Hilir.

    Kepala DPMPTSP Acil Rustianto menambahkan, beberapa pemeriksaan dan penilaian yang dilakukan Ombudsman diantaranya website pelayanan baik elektronik maupun manual seperti spanduk, kepastian waktu, alur perizinan, kotak pengaduan serta lainnya. "Intinya Ombudsman ingin memastikan masyarakat dilayani dengan baik dan ada kepastian dalam pelayanan," pungkasnya.

    Untuk diketahui, pasca dilantik memimpin Rohil, hal pertama yang ditegaskan Afrizal Sintong adalah mengutamakan pelayanan publik. Semua pejabat, ASN maupun honorer yang bertugas di Rohil diwajibkan mengedepankan senyuman dan ramah tamah dalam melayani masyarakat.

    Selain itu, Wakil Bupati H Sulaiman dalam berbagai kesempatan juga tampak sering turun ke lapangan secara diam-diam, seperti ke Disdukcapil maupun RSUD untuk memastikan agar pelayanan publik dapat berjalan dengan baik. (Ir)



     
    Berita Lainnya :
  • Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kepala Daerah ke-9 di Riau Ditangkap KPK, Jabatan Bupati Andi Putra Tersingkat
    02 Capaian Vaksinasi Masih Rendah, Seluruh Kabupaten di Riau Naik ke Level 3
    03 Terbitkan Sprindik, KPK Boyong Bupati Kuansing Andi Putra ke Jakarta
    04 Diskominfotik Rohil Gelar FGD Penyusunan Grand Design Riau Digital 2021-2025
    05 Siapkan Aturan Main Media Digital, Pemerintah: Bisa Sama-sama Tumbuh
    06 Hasil Nekropsi KSDA: Harimau Mati Terjerat di Bengkalis Alami Dehidrasi Berat
    07 Ditangkap KPK, Bupati Kuansing Andi Putra Tersingkat Jadi Kepala Daerah
    08 Polisi Tangkap Penimbunan BBM Bersubsidi di SPBU Lintas Duri-Dumai
    09 Lagi, Harimau Sumatera Ditemukan Terjerat Mati, Kali Ini di Bengkalis
    10 Prof Bagir Manan dan Konstituen Dewan Pers Siap Beri Kesaksian di Sidang MK
    11 Para Pendiri Rokan Hilir Terharu, Pertama Kali Berkumpul dengan Bupati
    12 PT IKPP Diduga Sembunyikan Kasus Ledakan Tangki RB 6, Disnaker: Kami akan Turunkan Tim
    13 SDN 118 Limbungan Rumbai Terbakar, Tujuh Ruang Kelas Ludes
    14 Rekam Jejak 41 Pejabat Eselon II Pemprov Riau Dikantongi, Besok Diserahkan Timsel ke Gubri
    15 PON XX Papua Berakhir, Riau Sukses Lampaui Target Medali
    16 Resmi Diluncurkan, Aplikasi BSR Polda Riau Efektif Tekan Penyebaran Covid-19 di Rohil
    17 Pastikan Keamanan Obvitnas, Kapolda Pimpin Apel Patroli Berskala Besar di Polres Rohil
    18 Pertama di Riau, Kapolda Resmikan Layanan Drive Thru Terpadu Polres Rohil
    19 Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp5,4 Miliar di Dumai
    20 Diskes Catat Angka Kasus DBD di Riau Turun Drastis di 2021
    21 Almarhum Ketua MKA LAM Riau Datuk Seri Al Azhar Dimakamkan di TPU Air Dingin
    22 Harga Sawit Meroket Tinggi Sepanjang Sejarah, Petani Riau Senyum Sumringah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar