MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Pembahasan Ranperda LPJ APBD Tahun 2021
Jumat, 23-09-2022 - 20:42:08 WIB
Pimpinan DPRD Rohil dan Wabup Sulaiman saat pembahasan LPJ APBD Rohil tahun 2021.
TERKAIT:
   
 

ROKAN HILIR, MataPers - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir bersama Pemerintah Daerah menggelar rapat Paripurna dalam rangka penyampaian laporan pembahasan Ranperda laporan pertanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021 oleh badan anggaran sekaligus pengambilan keputusan.

Rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD Rohil Maston digelar di Ruang Sidang DPRD, Kamis (22/9/2022) dan dihadiri Wakil Ketua l Abdullah dan Wakil Ketua ll Basiran Nur Efendi, Sekretaris DPRD Rohil H.Sarman Syahroni,ST serta anggota DPRD Rohil.

Sedangkan dari Pemerintah Daerah tampak hadir Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, SS, MH, beberapa Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, dan Para Kabid.

Dalam sambutannya Ketua DPRD Rohil Maston menyampaian, bahwa sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2019, kepala daerah menyampaian rancangan perda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD dengan dilampiri laporan keuangan yang telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa keuangan.

"Pengambilan keputusan atas ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan hilir Tahun Anggaran 2021 yaitu penyampaian laporan pembahasan yang disampaikan oleh badan anggaran, " kata Maston.

Sementara itu Banggar DPRD Rohil Imam Suroso, SE, dalam laporannya mengatakan, berdasarkan uraian pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2021. 

Terkait realisasi laporan perubahan saldo anggaran neraca laporan operasional  perubahan ekuitas dan catatan atas laporan keuangan, maka Tim Banggar DPRD kabupaten Rokan Hilir atas laporan pertanggungjawaban APBD Kabupaten Rokan hilir Tahun Anggaran 2021, merekomendasikan kepada pemerintah Kabupaten Rokan Hilir agar dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah kabupaten Rokan Hilir diperlukan adanya optimalisasi terhadap pendapatan dan pengelolaan pendapatan daerah yang pontensial masih terdapat sumber pendapatan daerah dari pajak daerah.

"Seperti  pajak perhotelan dan pajak bumi, serta retribusi daerah yang masih berada di bawah target dan ilustrasi. Oleh karena itu, beberapa langkah upaya yang dapat dilakukan kebijakan atas intensif dan ekstensifikasi sumber sumber PAD dilakukan melalui optimalisasi penghasilan pajak daerah, dan retribusi pajak daerah termasuk tentang daerah yang menjadi potensi unggul di kabupaten Rokan Hilir," ujarnya.

Yang kedua lanjut Imam Suroso, selain apa yang dikemukakan di atas, Banggar DPRD mengapresiasi hasil audit BPK Perwakilan Riau, dimana Pemerintah Kabupaten Rokan hilir memperoleh opini Wajar Tampa pengecualian, suatu hasil yang sangat dinanti oleh setiap instansi vertikal maupun daerah daerah, baik kabupaten kota maupun provinsi.

"Menyikapi laporan pertanggungjawaban APBD Tahun 2021 telah disampaikan kepada fraksi-fraksi guna diminta pendapatnya serta saksi DPRD kabupaten Rokan Hilir yang juga tergabung dalam badan anggaran yang mana sepakat menerima rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021," ucap Imam Suroso.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, menyampaikan pendapat serta kesepakatan melalui rekomendasi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021. Melalui rapat dewan yang terhormat ini, kata Wabup, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas saran dan pendapat serta kesepakatan Melalui rekomendasi terhadap pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021. 

"Harapan kami, dengan telah dibahasnya rancang peraturan daerah tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 tanpa mengurangi esensi yang terdapat dalam laporan tersebut, sehingga, laporan yang akuntabel dan transparan dapat dipertanggungjawabkan dan diterima oleh seluruh masyarakat Kabupaten Rohil," kata Sulaiman. (**/Irw)



 
Berita Lainnya :
  • DPRD Rohil Gelar Rapat Paripurna Pembahasan Ranperda LPJ APBD Tahun 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Rohil Sampaikan Masa Reses Anggota Dewan Mulai 5-10 Desember 2022
    02 LSM-LIRA Himbau Pemko Pekanbaru Perbaiki Jalan Suka Karya yang Rusak Parah
    03 Terobosan Baru, Pengurus JMSI Pelalawan Dilantik di Ibukota Negara
    04 APBD 2023 Rokan Hilir Disahkan Rp2,2 Triliun, Defisit Rp65,9 Miliar
    05 Banggar DPRD Rohil Bersama TAPD dan OPD Gelar Rapat Finalisasi Pembahasan RAPBD 2023
    06 Dihadiri Dirjen Kominfo, Bupati Afrizal Sintong Resmikan TVRI Rohil
    07 Peringati Harlah Ke-55, Pengurus Kopri PMII Indragiri Hilir Gelar Diskusi Santai
    08 Dihadiri Wakapolri dan Dua Gubernur, Rakernas IKA Unri Digelar 10-11 Desember 2022 di Siak
    09 HUT Korpri ke-51, Bupati Rohil Afrizal Sintong: ASN Harus Jadi Prajurit Kebhinekaan
    10 DPRD Rohil Paripurnakan Jawaban Pemerintah Atas Pandangan Umum Fraksi
    11 Gempa Cianjur, Pemprov Riau Serahkan Bantuan Dana Rp676 Juta
    12 Patroli Jalan Kaki, Kapolres Inhil Sambangi Tukang Becak dan Ojek
    13 Para Pensiunan Pemprov Riau Bangga dan Terharu Disambangi Gubernur Syamsuar
    14 Pemprov Riau Gerak Cepat, Jalan Lintas Rangau Duri Segera Diperbaiki
    15 Dianggarkan Rp32 Miliar di APBD-P, Gaji Guru PPPK Rohil Dibayarkan Mulai Pekan Ini
    16 Pelabuhan Perikanan Internasional Dibangun di Bagan Siapi-api Tahun 2023
    17 Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubri Berharap Jembatan Selat Melaka Bisa Terwujud
    18 HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional, Bupati Rohil Minta Kualitas Pendidikan Terus Ditingkatkan
    19 Kukuhkan Pengurus FSPSPKR, Bupati Rohil: Kami Sangat Menghargai Jasa Pendiri Kabupaten
    20 DPRD Rohil Gelar Paripurna Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA PPAS Tahun 2023
    21 Pansus DPRD Bersama Pemkab Rohil Gelar Rapat Lanjutan Pembahasan RTRW
    22 Bapemperda DPRD Rohil Rapat Bersama OPD Bahas Program Pembentukan Perda 2023
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar