MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Piala Super Spanyol
Rontokkan Messi Dkk, Atletico Ciptakan ''Derby Madrid'' di Final
Jumat, 10-01-2020 - 11:28:28 WIB
Megabintang Barcelona Lionel Messi (kanan) menggiring bola melewati kawalan pemain Atletico Vitolo dalam laga semifinal Piala Super Spanyol di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Kamis (9/1/2020) waktu setempat.
TERKAIT:
 
  • Rontokkan Messi Dkk, Atletico Ciptakan ''Derby Madrid'' di Final
  •  

    JEDDAH, MataPers - Atletico Madrid menyingkirkan Barcelona dari Piala Super Spanyol setelah memenangi partai semifinal yang sarat drama VAR dengan skor 3-2 di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (10/1/2020) WIB.

    Setelah bermain nirgol hingga babak pertama usai, Koke sempat membuat Atletico unggul pada awal paruh kedua, sebelum Antoine Griezmann dan Lionel Messi membawa Barcelona berbalik memimpin 2-1.

    Namun, dua gol Barca yang dianulir VAR karena handball Messi serta offside-nya Arturo Vidal dalam gol Gerard Pique memantik drama. Sebab Atletico lantas menyamakan kedudukan melalui penalti Alvaro Morata yang disusul pembalikkan keadaan oleh Angel Correa empat menit jelang waktu normal berakhir.

    Kemenangan 3-2 itu mengantarkan Atletico untuk menciptakan Derby Madrid menghadapi Real Madrid di partai final Piala Super Spanyol yang tengah menguji format baru melibatkan empat tim, demikian catatan laman resmi RFEF.

    Peluang berbahaya pertama tercipta pada menit ke-23 saat Messi dan Griezmann melakukan kerja sama satu dua sentuhan demi merangsek ke dalam kotak penalti, tetapi tembakan penyelesaian Messi masih bisa disapu kiper Jan Oblak di area tiang dekat.

    Atletico balik mengancam lewat eksekusi tendangan bebas Hector Herrera pada menit ke-32 yang mulus melaju melewati pagar hidup dan hampir melesak ke area tiang dekat jika tak dihalau dua kepalan tangan kiper Neto.

    Barcelona memperoleh dua peluang lagi, tetapi tembakan sentuhan pertama Luis Suarez bisa dihalau Stefan Savic dan Oblak kemudian menjinakkan Griezmann dalam situasi satu lawan satu, sehingga babak pertama berakhir nirgol.

    Untuk mengubah keadaaan, Diego Simeone memasukkan Koke menggantikan Herrera pada saat turun minum dan langkah itu terbukti manjur sebab serangan pertama Atletico selepas sepak lanjut langsung membuahkan gol pembuka keunggulan.

    Correa menyodorkan bola yang dikendalikan dengan satu sentuhan oleh Koke sebelum dilesakkan ke sudut kiri bawah gawang tak terjangkau Neto.

    Keunggulan tak bertahan lama, pada menit ke-51 Messi berhasil melewati hadangan dua pemain Atletico dan juga menyarangkan bola ke area bidik serupa, pojok kiri bawah gawang, demi menyamakan kedudukan bagi Barcelona.

    Momentum beralih ke Barcelona dan delapan menit sesudahnya Messi mencetak gol keduanya, mengendalikan bola liar, melewati Saul Niguez dan menaklukkan Oblak. Tetapi gol itu dianulir oleh wasit setelah VAR mengkonfirmasi Messi sempat menyentuh bola dengan tangannya.

    Kegusaran penganuliran gol itu tidak menghentikan Barcelona untuk benar-benar berbalik memimpin pada menit ke-62 saat Griezmann sigap menanduk bola muntah hasil penyelamatan gemilang Oblak atas sundulan jarak dekat Suarez sebelumnya. Barcelona dua, Atletico satu.

    Barcelona terus menggempur Atletico dan pada menit ke-74 giliran Pique menyarangkan bola ke gawang Oblak, tetapi lagi-lagi VAR merusak suasana dengan menganulir gol tersebut sebab Arturo Vidal terjebak offside sebelum mengkonversi tendangan bebas Messi menjadi assist.

    Drama kian memanas ketika Neto melakukan tindakan bodoh keluar dari sarangnya dan menjegal Vitolo di dalam area terlarang pada menit ke-80, walhasil wasit segera menunjuk titik putih.

    Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Morata yang melakukan eksekusi penalti penuh percaya diri demi mengecoh Neto sekaligus membuat kedudukan imbang 2-2.

    Keadaan berbalik 180 derajat bagi Barcelona hanya dalam kurun enam menit, ketika Morata bisa mengirim umpan kendati di bawah tekanan Samuel Umtiti dan bola dikejar oleh Correa yang merangsek masuk kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang gagal diantisipasi sempurna oleh Neto.

    Bola terkena dua tangan Neto tapi melambung di atas kepalanya dan memantul-mantul menuju ke dalam gawang, Ivan Rakitic sempat berjibaku untuk melakukan sapuan, tetapi teknologi garis gawang memastikan si kulit bundar sudah berada di dalam sebelum disapu Rakitic. Atletico kembali unggul 3-2 atas Barcelona pada menit ke-86.

    Dua peluang muncul lagi pada sisa waktu yang ada, Marcor Llorente melepaskan tembakan yang bisa dimentahkan Neto, sedangkan umpan silang Messi disambut Pique tapi tandukannya melambung di atas mistar gawang. Skor 3-2 untuk Atletico bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi.

    Susunan pemain:

    Barcelona (4-3-3): Neto; Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets (Ivan Rakitic), Frenkie de Jong (Ansu Fati); Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann
    Pelatih: Ernesto Valverde

    Atletico Madrid (4-4-2): Jan Oblak; Kieran Trippier, Stefan Savic, Felipe, Renan Lodi (Vitolo); Angel Correa, Hector Herrera (Koke/Marcos Llorente), Thomas Partey, Saul Niguez; Joao Felix, Alvaro Morata
    Pelatih: Diego Simeone. (**)

    Sumber: Antara



     
    Berita Lainnya :
  • Rontokkan Messi Dkk, Atletico Ciptakan ''Derby Madrid'' di Final
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Hari Ini Positif Covid-19 Bertambah 585, Terbanyak di Kalsel 109 Kasus
    02 Salurkan Sembako, PB Gerakan NU Peduli Covid-19 Sisir Pelosok Daerah Pekanbaru
    03 Banyak Warga Enggan Ikut Rapid Test di Bengkalis: Nanti Kalau Positif Keno Karantina Pula
    04 Empat Pasien Positif Covid-19 Meranti Sembuh, Tinggal 15 Orang Masih Dirawat di Riau
    05 Koramil Rupat Patroli Malam, Himbau Warga Pakai Masker dan Tidak Berkerumun
    06 Bertarung dengan Harimau Saat Menoreh Getah, Warga Sepahat Bengkalis Selamat
    07 Kejari Bengkalis Musnahkan Barang Bukti 298 Perkara, Termasuk Narkoba dan HP Ilegal
    08 Dihadiri Dubes Al Busyra Basnur, Pemuda Indonesia dan Ethiopia Diskusi Pendidikan di Tengah Covid-1
    09 Jelang Peremajaan Sawit Rakyat, Distan Bengkalis Cek Bibit Bersertifikat
    10 KPK Laksanakan Tahap II, Tersangka Suap Izin Alih Fungsi Hutan Riau Segera Disidangkan
    11 Tanggulangi Karhutla, KLHK Fokus ke Riau dan Enam Provinsi Lain
    12 Komisi Informasi dan Diskominfo Inhil Gelar Rakor PPID Utama se Riau Secara Virtual
    13 Dua PDP Covid-19 Asal Tampan Pekanbaru Meninggal, Hasil Swab Belum Diketahui
    14 Pertamakali Sejak 1948, Indonesia Tidak Berangkatkan Jamaah Haji Karena Pandemi Covid-19
    15 Antisipasi Covid-19, Koramil Rupat Periksa Penumpang di Pelabuhan Roro Tanjung Kapal
    16 Miris, Gedung Anak Yatim Senilai Rp2 Miliar di Balai Raja Dibangun Tak Sesuai Standar
    17 Gubri Tolak Revisi RPJMD Pemko Pekanbaru, Wan Abubakar Sebut Menantu Walikota Bermain
    18 Semua Sembuh dan Boleh Pulang, Tak Ada lagi Pasien Positif Covid-19 di Pekanbaru
    19 Bupati Inhil Resmikan Tim Terpadu Penegakan Disiplin Masyarakat Produktif Aman Covid-19
    20 Setahun Kepergian Isteri Tercinta, Inilah Curhatan Hati Susilo Bambang Yudhoyono
    21 Pilkada 2020 Tanpa Kampanye Akbar, Mendagri: Pakai Media Sosial
    22 PB-GNP Covid-19 Datangi Kelenteng di Pekanbaru, Salurkan Sembako
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar