MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
1.152 Atlet Ikuti Popda XV Riau, Gubri: Selamat Bertanding, Junjung Jiwa Sportivitas
Senin, 20-06-2022 - 12:58:04 WIB
Para Atlet Popda Riau 2022 saat pembukaan yang berlangsung di Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Senin (20/6/2022). 
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, MataPers - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke XV Provinsi Riau Tahun 2022, di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Sudirman Pekanbaru, Senin (20/6/2022).

Ia mengucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet yang ikut serta dalam Popda Riau tersebut. Ia mengingatkan kepada seluruh atlet dan pelatih untuk menjunjung jiwa sportivitas.

"Selamat kepada anak - anak kita  yang telah berhasil terpilih menjadi duta -duta olahraga dari kabupaten kota se Provinsi Riau," ucapnya.

Menurutnya, Popda Riau ini merupakan kegiatan pesta olahraga multievent 2 tahunan bagi para pelajar yang diselenggarakan pada setiap tahun di tingkat daerah sampai juga di tingkat provinsi.

"Alhamdulillah Pekan Olahraga Pelajar Daerah Provinsi Riau Tahun 2022 merupakan penyelenggaraan Popda yang ke-15 yang sebelumnya sempat batal karena Pandemi Covid-2019 yang melanda dunia," katanya.

Selain itu, ungkap Syamsuar, Popda XV Riau Tahun 2022 ini merupakan ajang seleksi untuk mengikuti Pra Popnas zona 1 Sumatera Tahun 2022 hal ini juga merupakan bagian dari pembina olahraga secara keseluruhan. 

Sebagaimana diamanahkan dalam undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional yang menyatakan bahwa Popda diselenggarakan secara periodik dan bersinambungan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga serta menjaring bibit olahragawan yang berpotensi  

"Popda ini juga bertujuan untuk memberdayakan peran serta masyarakat dalam berbagai sektor dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di bidang olahraga," ujarnya.

Untuk itu, ia berharap kegiatan pekan olahraga ini dapat dimaknai dengan jiwa sportivitas juga diharapkan mampu  untuk berkompetisi dalam suasana persahabatan dan kekeluargaan guna mencapai prestasi tertinggi pada setiap cabang olahraga.

"Membawa harum nama daerah merupakan cita-cita seluruh atlet. Namun jangan sombong, karena perlu diingat perjuangan kita belum berakhir masih banyak even olahraga lebih tinggi yang harus kita kejar seperti pra Pekan Olahraga Nasional," tuturnya. 

1.152 Atlet/Ofisial

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Riau, Boby Rachmat menyampaikan Popda XV Tahun 2022 diikuti sebanyak 1.152 altet dan pelatih ofisial. Tema pada Popda Riau, kata Bobby, adalah bangkit dan berprestasi. Dengan tujuan sebagai sarana untuk menguji prestasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di masing-masing kabupaten kota.

"Juga sebagai ajang seleksi olahraga pelajar riau untuk mengikuti Pra Pekan Olahraga Nasional Tahun 2022 dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional tahun 2023," katanya saat memberikan sambutan pada upacara pembukaan Popda Riau ke-15 Tahun 2022.

Adapun cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan sebanyak tujuh cabor diantaranya, bola basket,  bola voli indoor, bulu tangkis, pencak silat,  sepak bola, sepak takraw  dan tenis lapangan. "Dan semua venue berada di ibukota Provinsi Riau yaitu kota Pekanbaru," sebutnya.

Boby mengungkapkan, peserta yang mengikuti Popda tahun 2022 ini terdiri dari 11 kabupaten kota se Provinsi Riau dan satu kabupaten yang tidak ikut serta yaitu Kabupaten Kepulauan Meranti.

Peserta sebanyak 1.152 terdiri dari 11 kabupaten kota se Riau, yang diantaranya, Kuansing mengiirim 21 pelatih official dan 122 atlet dengan total 143 orang, dari Rokan Hilir  mengirimkan 83 atlet dan pelatih 15 orang  dengan total 98 orang.

Selanjutnya, dari Siak mengirimkan 122 atlet dan pelatih 34 orang dengan total 156 orang, dari Pekanbaru mengirimkan 120 atlet  dan 21 pelatih  dengan total 141 orang. Dari Indragiri Hulu mengirim 80 atlet dan 18 pelatih dengan total 98 orang.

Kemudian, dari Dumai mengirim 40 atlet dan 5 pelatih dengan total 45 orang, dari Pelalawan  mengirimkan 87 atlet, dan  pelatih 21 dengan total 108 orang, dari Rokan Hulu mengirim 62 atlet dan 13 pelatih dengan total  75 orang, dari Kampar mengirimkan  71 atlet dan 17 pelatih  dengan 88 orang. 

Lebih lanjut, dari Indragiri Hilir mengirimkan 44 atlet dan 10 pelatih  dengan total 54 orang dan dari Bengkalis mengirimkan  125 atlet dan 21 pelatih dengan total 146 orang.

Kadispora Riau ini menambahkan, adapun mendali yang diperebutkan sebagai berikut, mendali emas 39, medali perak 39,dan medali perunggu 70 dengan total keseluruhan 148 medali.

Pada kesempatan tersebut juga, ia mengajak kepada seluruh peserta POPDA Riau ke XV Tahun 2022 ini, untuk menyukseskan kegiatan tersebut, agar olahraga di Provinsi Riau semakin berjaya. "Semangat sportivitas dalam bertanding mari kita jaga," tutupnya. (**/mcr)



 
Berita Lainnya :
  • 1.152 Atlet Ikuti Popda XV Riau, Gubri: Selamat Bertanding, Junjung Jiwa Sportivitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kemendikbudristek Minta LAMR Mengevaluasi Pantun Warisan Dunia
    02 Terindikasi Kuat, Terjadi Pelanggaran HAM dalam Kasus Kematian Brigadir J
    03 Mahkamah Agung Tolak Kasasi JPU, Dosen Nonaktif Unri Syafri Harto Bebas
    04 Dicurigai Bakal ke Malaysia Secara Ilegal, 45 WNI dan 13 WNA Ditangkap di Dumai
    05 25 Hektar Lahan Dekat Hutan Lindung Terbakar, Dua Heli Water Boombing Dikerahkan
    06 Ajak Masyarakat Jaga Marwah Melayu, Gubri: Apa Begitu, Tari Persembahan Pakai Sepatu?
    07 Tersangka! Irjen Ferdy Sambo Bersama Dua Pati Polri Ditahan di Mako Brimob
    08 Gubri: Pembangunan Pesat, Kini Riau Salah Satu Pusat Perekonomian Sumatera
    09 Jadi Irup Hari Jadi Provinsi Riau ke-65, Wabup Rohil Bacakan Amanat Gubernur
    10 BSP Kelola 100 Persen CPP Blok, Gubri: Kado Spesial di HUT ke-65 Provinsi Riau
    11 Setelah Korea, Giliran Pengusaha Jepang Investasi di Rohil Bangun ''International Fish Market''
    12 Peringati Tahun Baru Islam, Bupati Rohil dan GMRB Santuni Anak Yatim di SMAN 1 Bagansiapiapi
    13 HUT RIAU KE-65: Di Tengah Pandemi, Ekonomi Tumbuh 4,88 Persen dan Kemiskinan Berkurang
    14 Silaturahmi ke Kediaman Gubernur Terdahulu, Gubri Antar Langsung Undangan HUT 65 Riau
    15 Setelah Viral, Oknum Pelaku Pungli di Bandara SSK II Pekanbaru Damai Dengan Korban
    16 Sambut Hari Jadi Riau ke-65, Baznas Salurkan Beasiswa dan Bantuan Konsumtif Bagi 629 Duafa
    17 Disambut Langsung Bupati, Alhamdulillah Seluruh Jemaah Haji Rohil Tiba di Tanah Air
    18 Besok FKPMR Gelar Bincang Migas Riau, Hadirkan Direktur PHR dan BSP
    19 Atasi Hama Tumbuhan, Mahasiswa KKN UNRI Sosialisasikan Pestisida Nabati di Air Molek
    20 Kebakaran di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Diduga Akibat Korsleting AC
    21 Rugikan Negara Rp78 Triliun, DPR Desak Kejagung dan KPK Tangkap Bos PT Duta Palma
    22 CATATAN ARIEF GUNAWAN: Ketika Arsip Suratkabar Hancur, Sejarah Mati
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar