MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
5 Tempat Wisata di Papua yang Terkenal, Pemandangan Alamnya Eksotis
Jumat, 20-09-2019 - 13:14:35 WIB
Sensasi Menyelam Bersama Hiu di Taman Nasional Teluk Cenderawasih.
TERKAIT:
 
  • 5 Tempat Wisata di Papua yang Terkenal, Pemandangan Alamnya Eksotis
  •  

    JAKARTA, MataPers - Tempat wisata di Papua bisa kamu jadikan alternatif destinasi liburan seru. Di pulau paling timur Indonesia ini kamu bisa menikmati segala keindahan alam yang tak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Daratan dan bawah alam bawah lautnya menjadi surge tersendiri bagi para penikmat wisata alam.

    Bukan hanya alamnya yang indah, Papua juga menyimpan kearifan budaya lokal yang masih ada di zaman serba modern ini. Menjelajahi tempat wisata di Papua tentunya akan menjadi sebuah pengalaman menarik yang bisa kamu coba.

    Berikut ini rangkuman dari berbagai sumber beberapa tempat wisata di Papua yang sudah terkenal di kalangan pelancong baik dalam negeri hingga mancanegara.

    Raja Ampat

    Tempat wisata di Papua pertama yang sudah tidak asing adalah Raja Ampat. Pesona keindahan Raja Ampat memang sudah cukup populer di kalangan pelancong, baik yang datang dari Indonesia maupun mancanegara. Raja Ampat merupakan daerah yang terdiri dari gugus-gugus pulau kecil dan besar yang terbentang sangat elok dengan keindahannya.

    Kawasan Raja Ampat ini terdiri dari empat pulau besar, yaitu Waigeo, Misool, Salawati, batanta, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain gugusan pulaunya yang indah, Raja Ampat juga memiliki ragam kekayaan biota laut yang bisa kamu nikmati saat menyelam. Selama menyelam, kamu akan ditemani sekitar 1.511 jenis ikan dan penyu laut.

    Waktu terbaik untuk menyelam di sini adalah pada bulan Oktober dan November. Pada bulan-bulan ini cuaca sedang bagus dan air sangat jernih, sehingga jarak pandang saat menyelam sangat ideal.

    Tapi, buat kamu yang tak ingin menyelam, kamu bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan cara lainnya. Ya, kamu bisa melakukan trekking di setiap pulau-pulau yang ada. Tak perlu takut tersesat, karena kamu bisa menggunakan jasa pemandu. Pemandu yang ada di tempat wisata ini adalah warga setempat yang sehari-harinya berprofesi sebagai nelayan.

    TNT Cenderawasih

    Tempat wisata di Papua yang memiliki pemandangan alam eksotis selanjutnya adalah Taman Nasional Teluk (TNT) Cenderawasih. Taman nasional ini hampir seluruhnya berupa perairan. Maka enggak heran kalau Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini menjadi kawasan konservasi laut terbesar dan terluas di Indonesia.

    Tempat wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka diving. Pasalnya, di sini terdapat beragam flora dan fauna bawah laut yang sangat menarik. Ya, di sini terdapat ratusan jenis moluska dan ikan. Tak jarang kura-kura, penyu, hiu, dan lumba-lumba juga ikut menemani kamu saat menyelam.

    Tidak hanya menikmati keindahan alam bawah lautnya saja, di sini kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulaunya. Kamu bisa ke Pulau Mioswaar, yang merupakan salah satu pulau di tempat wisata Papua yang memiliki gua dengan sumber air panad dengan kandungan belerang yang layak untuk dikunjungi.

    Tak hanya Pulau Mioswaar, ada juga Pulau Yoop, Pulau Numfor, Pulau Nusrowi, dan pulau-pulau lainnya yang enggak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Secara admistratif, tempat wisata ini berada di dua kabupaten, yaitu Wondama dan Nabire.

    Selain dinikmati untuk diving dan menikmati keindahan setiap pulaunya, taman nasional ini juga biasa dijadikan sebagai pusat penelitian hiu paus atau whale shark yang dilakukan pemrintah yang bekerjasama dengan LSM dakam dan luar negeri.

    Pulau Biak

    Pulau Biak dan Pulau Numfor merupakan satu kesatuan yang membentuk kabupaten Biak. Pulau yang terletak di teluk Cenderawasih ini memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Di Biak Utara, kamu bisa mengunjungi Kampung Amoi yang terkenal dengan pemandangannya yang indah.

    Selain itu, ada juga Museum Cenderawasih yang memiliki banyak koleksi pada zaman Perang Dunia II. Saat ke sini, jangan lupa untuk mencoba makanan khas di daerah Biak, yaitu Singkong Marapen.

    Objek wisata di Biak lainnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Burung dan Taman Anggrek yang terletak di daerah Bosnik. Di sini kamu bisa melihat koleksi burung dan tanaman yang cukup beragam dan lengkap dengan informasinya. Di sekitar daerah Biak juga ada banyak sekali destinasi wisata yang menarik, seperti pantai Bosnik dan air terjun Wafsarak yang berada di sekitar pulau Biak.

    Danau Sentani

    Tempat wisata di Papua lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Danau Sentani. Merupakan danau terbesar yang ada di Papua, Danau Sentani menawarkan keindahan yang sangat luar biasa. Di kawasan ini, sedikitnya ada 21 pulau yang menghiasi danau dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut.

    Di sini kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, seperti berenang, memancing, menyantap kuliner, hingga berkeliling danau dengan menyewa perahu yang telah disediakan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan warga sekitarnya.

    Lembah Baliem

    Kalau kamu ingin mengenal lebih dekat bagaimana warga Papua, kamu bisa berkunjung ke Lembah Baliem. Tempat wisata di Papua ini merupakan tempat tinggal suku Dani, Yali, dan Lani yang terletak di sekitar Pegunungan Jayawijaya. Di sini kamu bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan suku asli yang masih memakai koteka bagi pria dan rok rumbai bagi perempuannya.

    Pemandangan di sekitar Lembah Baliem menggambarkan peradaban pada zaman batu, dan kebanyakan tempat hanya bisa diakses dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Di bulan Agustus, Lembah Baliem menjadi tempat wisata di Papua yang menarik banyak perhatian wisatwan.

    Hal ini dikarenakan ada acara tahunan berupa Festival Lembah Baliem yang diselenggarakan selama tiga hari. Festival ini merupakan cara pemerintah untuk menghapuskan perang antar suku yang sering terjadi di sini. Selain perang, ada juga lomba karapan babi antar desa dan pesta babi bakar. (*)

    Sumber: Liputan6.com



     
    Berita Lainnya :
  • 5 Tempat Wisata di Papua yang Terkenal, Pemandangan Alamnya Eksotis
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Besok, Leani Peraih Emas Bulutangkis Paralimpiade Tokyo Diarak Keliling Pekanbaru
    02 Ratusan Warga Bathin Solapan Ikut Vaksinasi Massal Partai Demokrat
    03 Ini Dia Tujuh Jenis Lego Perang, Anak-anak Pasti Senang Memainkannya
    04 Perampok Toko Emas di Medan Ternyata Buronan Asal Rohul
    05 Ini Calon-calon Anggota KPID Riau Yang Lulus Seleksi Administrasi
    06 Target Akhir September Disahkan, Prioritas APBD-P 2021 Riau Tetap Covid-19
    07 Tinjau Latihan Atlet Dayung PON di Kuansing, Gubri: Semangat dan Jaga Nama Baik Daerah
    08 Jumat Berkah, FE2DB Peduli Berbagi Nasi Bungkus di Pasar Sartika Duri
    09 Bupati Rohil Hadiri Kegiatan Bakti Sosial Stunting dan Posyandu di Tanah Putih
    10 Biadab, Bapak Ruting ''Mangsa'' Anak Tirinya di Bathin Solapan Bengkalis
    11 Ketua Pengprov Novilia Kukuhkan SOIna Rohil, Bupati Afrizal: Pengurusnya Orang-orang Sabar
    12 PPID Kampar Targetkan Naik Status ''Kabupaten Informatif'' Tahun Ini
    13 IKLA Riau Silaturahmi ke Gubri, Hanafi: Kami Minta Pak Gubernur Jadi Pelindung
    14 Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
    15 Kapolsek Batang Gansal ini Cantik Jelita dan Masih Jomblo, Ini prestasinya
    16 Hampir Semua Kepala OPD Pemprov Riau Dievaluasi, Kecuali Empat Pejabat Ini
    17 Aksinya Terekam CCTV, Maling Ponsel Ini Dibekuk Polisi di Duri
    18 Sengketa Informasi di KI Riau, LIRA Inhu: Ada Keganjilan di Desa Lirik Area
    19 Pasca-Ditabrak Ponton, Pemprov Riau Bentuk Tim Investigasi Jembatan Pedamaran II
    20 Diguyur Hujan, Warga Air Jamban dan Duri Barat Tetap Antusias Ikut Vaksinasi
    21 Sambut HUT Ke-20, Partai Demokrat Gelar 1.000 Vaksin Gratis di Bengkalis
    22 Menparekraf Sandi Uno Seyembarakan Nama Objek Wisata di PLTU Koto Panjang, Ayo Ikut!
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar