MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Taja Workshop Dendang Syair, Sendratasik FKIP UIR Hadirkan Maestro Asal Malaysia
Kamis, 19-05-2022 - 12:20:23 WIB
Kegiatan Workshop Dendang Syair yang ditaja FKIP UIR dan menghadirkan Maestro Syair Nusantara Roslan Madun asal Malaysia.
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU, MataPers - Pasca Idul Fitri 1443H, Prodi Sendratasik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau (FKIP UIR) memulai kegiatan baru. Membuat gebrakan dengan mentaja Workshop Dendang Syair. Tak tanggung-tanggung prodi itu mendatangkan Maestro Syair Nusantara Roslan Madun asal Malaysia.

Dato Roslan Madun merupakan penyair dan budayawan Pahang kelahiran Kg. Durian Tawar yang namanya sangat dikenal luas di Malaysia. Lelaki kelahiran 20 Juli 1952 ini juga dikenal sebagai pencipta lagu-lagu Melayu, dan diantara lagunya yang sudah kesohor adalah 'Lemak Manis' serta 'Seloka Pak Kaduk'. 

Sebagai Penyair dan Budayawan, Dato Roslan Madun acap kali mengadakan persembahan-persembahan seni dan budaya antar negara, semisal di Indonesia, Singapura bahkan pernah di Jepang dan Korea Selatan.

Rabu (18/5/2022), Roslan Madun hadir di Sendratasik FKIP UIR. Di samping sebagai nara sumber, Dato juga didaulat menjadi instruktur dalam workshop yang berlangsung di lantai II Gedung C FKIP. Ratusan mahasiswa, siswa serta guru-guru yang hadir di workshop tersebut terlihat antusias mendengarkan buah pikiran Roslan Madun terkait dengan dendang dan syair. 

Tak sampai di situ, mereka juga terkesima ketika Roslan mendendangkan syair-syair Melayu yang enak di dengar dan meresap ke dalam jiwa. Bahkan beberapa dosen bersama sejumlah pejabat struktural FKIP ikut larut setelah mendengar kemerduan dendang yang didendangkan 'Penyair Nusantara' itu.

''Dato Roslan Madun sengaja dihadirkan Prodi Sendratasik sebagai upaya untuk melebarkan langkah bagi mata kuliah Teknik Olah Vokal,'' kata Idawati, Dosen Pengampu sekaligus pemateri bersama Dato Roslan.

Idawati menyebutkan, upaya ini dipandang penting dilakukan untuk memberi tambahan wawasan kepada mahasiswa, siswa dan guru-guru terkait dengan tradisi vokal Melayu. Di samping itu tradisi ini juga merupakan hasanah budaya yang harus terus didengungkan secara masif agar tidak ditinggal oleh generasi bangsa.

''Kita maklum dan paham bahwa pengaruh globalisasi degital berbasis web telah mengubah mindset generasi muda pada hal-hal yang bersifat modern, dan mulai melupakan nilai-nilai tradisional yang sangat bermakna tidak saja bagi dirinya akan tetapi bangsa dan negara. Apatah lagi sebagai anak jati Melayu kita punya kewajiban melestarikan nilai-nilai tersebut agar generasi muda tidak larut dengan modernisasi tekhnologi. Inilah salah satu pertimbangan, mengapa kita hadirkan Dato Roslan Madun ke FKIP,'' ungkap Idawati.

Ida menambahkan, kegiatan ini sangat didukung oleh Ketua Prodi Sendratasik Evadila MSn serta Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIR.

Bak gayung bersambut. Wakil Dekan I FKIP Dr Miranti Eka Putri menyatakan optimismenya terhadap upaya-upaya yang dilakukan Prodi Sendratasik dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Melayu di Tanah Melayu ini. Dalam sambutannya pada workshop tersebut, Miranti menyambut baik kehadiran Maestro Syair Nusantara Dato Roslan Madun ke FKIP. Bahkan, kata Miranti, untuk ke depannya Dekanat ingin meneruskan kerjasama dengan Manajemen Roslan Madun.

''Prodi Sendratasik sangat memiliki potensi untuk pelestarian nilai-nilai seni dan budaya. Karena itu, mari kita susun program sehingga kegiatan-kegiatan seperti workshop hari ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan di Provinsi Riau,'' kata Miranti. Semoga. (**/rls)



 
Berita Lainnya :
  • Taja Workshop Dendang Syair, Sendratasik FKIP UIR Hadirkan Maestro Asal Malaysia
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Harga Cabe Merah di Tembilahan Tembus Rp150.000 Per-Kilogram!
    02 Oknum BRK Bobol Rekening Nasabah Rp5 M, Dirut Janji Kembalikan Uang Korban
    03 149 WNI Diduga Tewas di Tahanan Imigrasi Malaysia, DPR: Kasus Ini Harus Segera Diungkap
    04 Rakortek Gubernur se-Sumatera 2022, Ini Dia Lima Fokus Pembahasan
    05 Riau Tuan Rumah Pertemuan Gubernur se-Sumatera, Gubri: Membangun Negeri Harus Bersinergi
    06 Jemaah Haji Asal Riau Meninggal Dunia, Gubri ucapkan belasungkawa
    07 LPPHI Segera Tunjuk Tim Hukum Gugat Panitia Tender PT Pertamina Hulu Rokan
    08 Penanganan Wabah PMK di Riau, Perlu Koordinasi Khusus Lintas Sektoral
    09 Jelang PeSONas I Semarang: Sebanyak 106 Atlet SOIna Riau Mulai Jalani TC Penuh
    10 Imigrasi Pekanbaru Jalankan Program 'Jemput Bola', SPS Riau Sangat Terbantu Urus Paspor
    11 Serahkan 978 SK PPPK Guru, Bupati Rohil: Jaga Integritas dan Loyalitas
    12 Pernikahannya Tak Tercatat di KUA Siak, Imigrasi Segera Deportasi Seorang Warga Taiwan
    13 Kunker Ke Bengkalis, Gubri Tinjau Pondok Tahfidz Quran dan Serahkan Bantuan
    14 LAPORAN DARI TANAH SUCI: 449 Jemaah Haji Kloter 9 Asal Provinsi Riau Tiba di Makkah
    15 Apresiasi BRK Jadi Bank Syariah, JK: Semoga Prosesnya Dipercepat
    16 Cair Juli, Total Gaji ke-13 PNS dan Pensiunan di Riau Capai Rp600 M
    17 Hadiri Pelantikan Pengurus PW DMI Riau, Gubri: Makmurkan Mesjid dan Sejahterakan Umat
    18 Mantan Pejabat Riau Nazief Soesila Dharma Meninggal Dunia, Gubri Sampaikan Duka Cita
    19 Warga Desa Terantang Diserang Puluhan Orang, Polres Kampar Amankan 17 Pria
    20 1.152 Atlet Ikuti Popda XV Riau, Gubri: Selamat Bertanding, Junjung Jiwa Sportivitas
    21 Tragis! Menjala Ikan di Pelalawan, Katius Zebua Tewas Diterkam Buaya
    22 Temui Gubri, Suku Asli Talang Mamak Sampaikan Keresahan Soal Hutan Tanah Ulayat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar