MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Berkunjung ke ''Kedubes Riau'' di Jakarta (2)
''Dubes'' Baru Riau Itu Didera Cobaan Silih Berganti
Selasa, 06-04-2021 - 10:50:28 WIB
Erisman Yahya menunjukkan ruang tamu Gubernur Riau di Kantor Badan Penghubung Jakarta yang baru saja selesai direnovasi.  
TERKAIT:
 
  • ''Dubes'' Baru Riau Itu Didera Cobaan Silih Berganti
  •  

    Kantor Penghubung Provinsi Riau di Jakarta tak ubahnya seperti Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di negara lain. Semua hal terkait kepentingan Riau di ibukota negara maupun secara nasional, banyak bertumpu di sana. Berikut catatan Pemimpin Redaksi MataPers.com, Tun Akhyar, yang berkesempatan bertamu ke "Kedubes Riau" di Jakarta belum lama ini.

    ADA kisah menarik dari Erisman Yahya, di awal-awal menginjakkan kakinya kembali di "Kedubes Riau" di Jakarta awal 2020 silam. Mantan wartawan salah satu media cetak terbesar di Riau ini terjangkit DBD, demam berdarah dengue. Itu dirasakannya ketika boarding di bandara SSK II Pekanbaru menuju Jakarta. "Tiba-tiba tubuh saya panas dan mengigil. Selama di pesawat terpaksa saya berselimut saja, menahan dingin dan gigil," kenang Erisman.

    Di Jakarta, ia langsung ke rumah sakit. Saat itu hanya diberi obat saja dan kata dokter tidak mesti dirawat. Tapi bukannya sembuh dan membaik, justru Erisman merasakan demamnya semakin tinggi. Ia akhirnya memutuskan untuk mencari rumah sakit lain dan langsung dirawat. "Sekitar dua minggu kami harus tidur di rumah sakit," kata Erisman. "Kelakar kawan-kawan, mungkin itu salam selamat datang ala Jakarta untuk kami," ujarnya lagi sambil tertawa.

    Baru saja ia sembuh dari DBD dan ketika Erisman akan memulai menata Kantor Badan Penghubung Pemprov Riau, tiba-tiba cobaan berikutnya datang lagi. Kali ini sangat berat. Pandemi Covid-19 mulai menyerang Indonesia, kejadiannya awal Maret 2020. Jakarta, sebagai ibukota negara, tempat Erisman dipercayakan untuk membawahi Kantor Badan Penghubung Riau, paling parah didera corona. Bahkan hingga kini, menurut data per-4 April 2021, total kasus Covid-19 di Jakarta sebanyak 386.466 kasus. Dari jumlah itu, 373.565 orang dinyatakan sembuh dan 6.360  orang meninggal dunia.

    Tidak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 membuat pergerakan Erisman untuk menata ulang kantor penghubung menjadi terbatas. Apalagi, pemerintah kala itu menetapkan status work from home (WFH) yang membuat pekerjaan harus dilakukan dari rumah oleh seluruh pegawai baik pemerintah maupun swasta. Tak terkecuali Kantor Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta.

    "Tapi saya berprinsip, apa yang bisa dilakukan di tengah kondisi demikian, tentu harus tetap dikerjakan dengan maksimal. Karena itu, selain menggerakkan potensi yang ada untuk membantu masyarakat Riau di Jakarta yang terdampak Covid-19, kami juga terus mempersiapkan program dan rencana kerja ke depan," tutur Ketua DPW Perserikatan Alumni MTI ini.

    Erisman yang ditunjuk sebagai Ketua Satgas Covid-19 Riau di Jakarta, bersama tim kemudian melakukan pendataan terhadap seluruh masyarakat Riau kurang mampu yang terdampak pandemi. Termasuk para mahasiswa asal Riau, baik yang berada di Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Solo dan Malang.

    Berkat kemampuan lobi dan hubungan baik dengan tokoh-tokoh Riau yang berhimpun dalam Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ), Kantor Badan Penghubung berhasil mengumpulkan sumbangan dan bantuan senilai Rp500 juta. "Uang itu kemudian kami belikan sembako dan kebutuhan lainnya menghadapi pandemi. Lalu, kita bagi-bagikan kepada seluruh masyarakat Riau kurang mampu dan juga para mahasiswa," kenangnya.

    Dalam kondisi pergerakan yang terbatas, Erisman juga mencoba berinisiatif  dengan mendatangi dan menyurati instansi terkait. Ia meminta bantuan bagi masyarakat Riau di kampung halaman yang membutuhkan banyak pasokan alat pelindung diri seperti seperti masker. "Alhamdulillah, permintaan Riau direspon BNPB. Kalau dirupiahkan jumlah bantuannya, baik masker maupun yang lain hampir Rp500 juta juga. Itu yang kami kirim ke Pekanbaru kemudian," kata Erisman.

    Selain itu "Dubes" Riau ini juga coba mengajukan surat ke Kementrian Sosial untuk mendapatkan bantuan bagi masyarakat Riau yang terdampak pandemi Covid-19. "Alhamdulillah direspon juga. Itu kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial Riau. Lumayan juga bantuannya saat itu," ujar Erisman tanpa menyebut nominalnya.

    Selain terus mengupayakan pasokan bantuan untuk masyarakat Riau di masa pandemi, Erisman juga terus mematangkan berbagai program dan rencana-rencana yang sudah ia susun sejak awal ditugaskan Gubernur Syamsuar ke Jakarta. Salah satu hal yang jadi perhatian serius Erisman adalah melakukan renovasi terhadap asset-asset Pemprov Riau di Jakarta maupun di sejumlah kota lain di Pulau Jawa yang jadi kewenangan Kantor Badan Penghubung Jakarta.

    Saat ini misalnya, dibawah koordinasi Erisman selaku Kaban Penghubung, sejumlah asrama mahasiswa asal Riau baik yang ada di Bogor, Bandung, Yogyakarta, Solo dan Malang, sedang dalam tahap renovasi. Sebagiannya sudah rampung, termasuk asrama mahasiswa Riau di Bogor yang pada Minggu (4/4/2021) kemarin ditinjau Gubri Syamsuar didampingi Erisman Yahya.  

    Tidak hanya asrama mahasiswa saja, renovasi juga sedang digesa Erisman terhadap tiga baliho besar, sebagai sarana promisi Riau, yang terdapat di halaman Kantor Penghubung dan Mess Riau di Slipi, Jakarta. "Baliho itu dibangun tahun 2012 silam di zaman Pak Gubernur Rusli Zainal. Baliho besar di Mess Slipi itu dulunya bantuan dari PT SPR. Sedangkan yang di kantor penghubung disponsori Bank Riau Kepri. Saat itu saya masih bertugas di Jakarta sebagai protokol. Karena kondisinya kini sudah parah. Jadi, ini kami rehab lagi," terang Erisman.

    Menurut Erisman, baliho itu penting untuk promosi Riau di Jakarta. Baik promosi wisata, budaya dan produk-produk Riau lainnya. "Khusus untuk dua baliho di depan kantor penghubung ini, segera akan direnovasi oleh pihak kantor cabang Bank Riau Kepri Jakarta. Saya katakan kepada Kacab BRK Jakarta, kalau mau promosi di Jakarta dengan memanfaatkan baliho lainnya, itu butuh anggaran miliaran. Sekarang benahi saja baliho ini. Paling BRK hanya keluar Rp25 sampai Rp30 juta dan silakan BRK berpromosi di sana, gratis. Yang penting, di baliho itu pasang foto Pak Gubernur dan Wakil Gubernur," ungkap Erisman menirukan pembicaraannya dengan Kacab BRK Jakarta, Wan Edwin.

    Anjungan Riau di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, juga termasuk yang menjadi perhatian serius Erisman. Saat ini renovasi taman jalur sudah selesai dilakukan dan juga sempat ditinjau Gubernur Syamsuar beberapa hari lalu. Usai meninjau rumah lontik dan taman jalur, Syamsuar mengungkapkan optimistisnya Taman Jalur di Anjungan Riau akan menjadi eksotis, dan menjadi daya tarik warga ibu kota, serta tamu yang datang. "Kini, Taman Jalur di Anjungan Riau menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat untuk datang berkunjung," puji Syamsuar saat itu.

    Dari berbagai pembenahan yang dilakukan Erisman, tentu yang paling berkesan adalah renovasi lantai I Kantor Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta. Lantai satu tersebut diperuntukkan untuk ruang kerja, ruang istirahat dan tempat Gubernur atau Wakil Gubernur Riau menerima tamu-tamu pentingnya di Jakarta. Sebelum Erisman kembali bertugas di Jakarta, kondisinya sangat memprihatinkan. Lantainya sudah dimakan rayap. Dinding-dinding sudah kusam dan intinya tidak layak pakai lagi, apalagi untuk seorang Gubernur.

    Ini yang dibenahi Erisman dan saat ini juga sudah rampung, terlihat rapi dan representatif dengan lantai marmer yang mengkilat. Selain ruang istirahat Gubernur, juga ada ruang tamu dengan kursi-kursi yang eksotik, ruang kerja serta ruangan press conference Gubernur.  "Alhamdulillah, renovasinya sudah selesai. Kalau Pak Gub ke Jakarta, mudah-mudahan beliau nyaman untuk bekerja atau beristirahat di sini," kata Erisman.

    Masih banyak lagi terobosan-terobosan lain yang dilakukan "Dubes" Erisman dalam mengoptimalkan fungsi Kantor Badan Penghubung Pemprov Riau di Jakarta. Sebut saja soal promosi UMKM Riau, menggesa optimalisasi Mess Pemprov Riau di Slipi dan cerita Erisman tentang lobi-lobi investasi untuk Riau yang dilakukannnya di Jakarta. Simak dan baca kelanjutannya pada edisi besok. (**)



     
    Berita Lainnya :
  • ''Dubes'' Baru Riau Itu Didera Cobaan Silih Berganti
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Covid-19 Naik Tajam, Warga India Ramai-ramai Eksodus ke Jakarta
    02 Pengetatan Dimulai, Mudik Idul Fitri Dilarang Sepanjang 22 April-24 Mei 2021
    03 Banjir Landa Kecamatan Binawidya, 350 KK di Sungai Sibam Butuh Bantuan
    04 Awal Mei, Pengprov PBSI Riau Gelar Musyawarah
    05 Komisi V DPRD Riau Apresiasi Gerak Cepat Badan Penghubung Jakarta
    06 Ibu-Ibu Ethiopia Memasak untuk Buka Puasa Warga Indonesia di Addis Ababa
    07 Tinjau Lokasi PSU di Desa Ringin, Pj Bupati Inhu: Semoga Tidak Ada Kendala
    08 PSU di Rohul Selasa Besok, Kapolres Harapkan Penyelenggara Bersikap Profesional
    09 800 Pengaduan Masuk ke DP, Dheni Kurnia Ingatkan Media di Riau Patuhi Kode Etik dan UU Pers
    10 Habis Lebaran, PWI Riau Kembali Rekrut Anggota Baru
    11 Jumlah Kematian Akibat Covid-19 di Riau Hampir Tembus 1.000 Orang
    12 Setelah Ditegur, Penjagaan Kantor dan Kediaman Gubernur Diperketat
    13 Wakil Ketua DPRD Syaiful Ardi Hadiri Peresmian Mushalla PKDP Bengkalis
    14 Selama Ramadhan Tempat Hiburan Malam di Pekanbaru Tutup, Kecuali...
    15 Bahan Pokok Riau Aman Selama Ramadhan, Cabai Merah Mengkhawatirkan
    16 Muhammadiyah Sebut Pasien Positif Covid-19 dan OTG Tidak Wajib Puasa
    17 Amankah Divaksin Covid-19 Saat Puasa Ramadhan? Begini Penjelasan Para Pakar
    18 Soal Konflik Lahan Gondai Pelalawan, Istana Minta Aparat Ciptakan Kondisi Kondusif
    19 Enam Nama Calon Sekdaprov Riau Lulus Administrasi Pansel, Ini Mereka
    20 Ini Pemenang 11 Kategori Anugerah Pariwisata Riau 2021
    21 Malam Ini, 11 Katagori Anugerah Pariwisata Riau Diumumkan
    22 Gubri Lantik Wantikda Riau, Diharapkan Percepat Misi Kelima RPJMD
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar