MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
Selasa, 11-02-2020 - 15:00:44 WIB
Alek Kurniawan.
TERKAIT:
 
  • SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
  •  

    PEKANBARU, MataPers - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta Walikota Pekanbaru Firdaus ST,MT mengembalikan Alek Kurniawan,SP,MSi ke jabatan semula sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Pekanbaru, karena keputusan yang dibuat sebelumnya menyimpang dari ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku. 

    Perintah KASN itu tertuang dalam surat KASN nomor B-248/KASN/1/2020 tertanggal 20 Januari 2020 tentang Rekomendasi atas Pemberhentian dari JPT Pratama Pemerintah Kota Pekanbaru. Dalam rekomendasi itu, KASN menyatakan telah melakukan penelaahan, klarifikasi dan penelusuran terhadap laporan pemberhentian Alek Kurniawan dari jabatannya sebagai Sekretaris DPRD (Sekwan) Pekanbaru. Termasuk klarifikasi terhadap Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pekanbaru pada tanggal 13 Januari 2020. 

    Dalam surat rekomendasi yang. ditandatangani Wakil Ketua KASN Tasdik Kinanto itu, Komisi Aparatur Sipil Negara berkesimpulan pembebasan jabatan Alek Kurniawan dari Sekwan Pekanbaru berdasarkan keputusan Walikota Nomor: Kpts. 821.4/BKPSDM-MP/2612 tanggal 14 Oktober tahun 2019 menyimpang dari ketentuan perundang-undangan dan prosedur sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 52 UU No 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan dan Peraturan Pemerintah No 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS.

    "Atas beberapa permasalahan dalam  pembebasan Sdr. Alek Kurniawan, KASN merekomendasikan kepada saudara Walikota Pekanbaru selaku pejabat Pembina Kepegawaian untuk meninjau kembali keputusan Walikota tertanggal 14 Oktober tahun 2019," kata Komisi ASN dalam suratnya yang diperoleh MataPers.com, Selasa (11/2/2020), hari ini. 

    Selain itu, dalam keputusannya, KASN juga merekomendasikan agar Alek Kurniawan dikembalikan ke jabatan semula sebagai Sekretaris DPRD Pekanbaru atau jabatan yang eselonnya setara dengan sebelumya. 

    "Dalam hal pegawai tersebut diduga melakukan pelanggaran disiplin berat agar dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan dengan berpedoman kepada PP No 53 tahun 2010 serta ketentuan perundang-undangan terkait lainnya," kata KASN dalam bagian keputusan rekomendasinya tersebut. 

    Sejauh ini belum diperoleh tanggapan dari pihak terkait, baik BAKD maupun Walikota Pekanbaru terkait rekomendasi Komisi ASN itu.

    Sedangkan Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani kepada MataPers.com menyambut baik rekomendasi KASN itu dan meminta Walikota untuk mengikuti keputusan KASN sesuai undang undang dan aturan yang berlaku. "Walikota harus memberi contoh bahwa kita taat aturan dan undang undang," kata Ketua DPRD tersebut. 

    Sementara Alek Kurniawan yang dikonfirmasi MataPers.com tentang keputusan KASN, belum menjawab pesan WhatsApp (WA) yang disampaikan kepadanya. 

    Mengejutkan

    Seperti diketahui, Alek Kurniawan yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Sekretaris DPRD Pekanbaru tiba-tiba dinonaktifkan dari jabatannya pada 19 Agustus 2019 dan jabatan Sekwan Pekanbaru resmi dijabat seorang pelaksana tugas (Plt), yaitu Zulfahmi Adrian.

    Alek sendiri terbilang baru sebagai Sekwan, yakni terhitung 25 Januari 2019. Kepada sejumlah media, Alek sempat menyatakan kaget dengan pencopotan dirinya. Sebab, saat itu Alek sedang mengambil cuti besar. Dan, ketika masa cutinya selesai pada 14 Oktober 2019 berakhir, Alek langsung  dinonjobkan. 

    Padahal, sesuai ketentuan Undang-undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), melarang kepala daerah memberhentikan atau memindahkan seorang pejabat yang menduduki jabatannya sebelum genap dua tahun.

    Dalam UU ASN yang berlaku sejak 15 Januari 2014 lalu itu, mengatur tentang penempatan pejabat. Pejabat bisa dimutasi jika yang bersangkutan sudah bekerja selama dua tahun. Namun selama itu, setiap tahun kinerja pejabat itu dinilai.

    Ketidakjelasan alasan pencopotan Alek Kurniawan sebagai Sekwan itu pula yang akhirnya berujung ke Komisi ASN. Dan, KASN kini memutuskan jabatan Sekwan mesti dikembalikan ke Alek Kurniawan. (mp01)



     
    Berita Lainnya :
  • SK Walikota Menyimpang, KASN: Kembalikan Alek Kurniawan Sebagai Sekwan Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 UPDATE: Positif Covid-19 di Riau Jadi 11 Kasus, PDP 147 dan 19.604 ODP
    02 Okupansi Anjlok Tajam, Enam Hotel di Pekanbaru Tutup
    03 Banjir dan Longsor Landa Sumbar, Dua Tewas Tertimbun di Tanah Datar
    04 Kabar Gembira dari Bengkalis, 7 PDP Sehat dan 27 Persen ODP Negatif Covid-19
    05 Wakil Ketua DPRD Bengkalis Saipul Ardi Lakukan Disinfektan di Air Jamban Mandau
    06 Diduga Serobot Lahan Warga, Ratusan Massa Pedamaran Rohil Geruduk PT JJP
    07 Meski Sudah Inkrah, PN Pekanbaru Tak Kunjung Eksekusi Lahan di Hang Tuah, Ada Apa?
    08 Korupsi Proyek Jalan Bengkalis: KPK Telusuri Aliran Dana ke DPRD, Siapa Dibidik?
    09 Tim Ida Golkar ''Guyuri'' RW 06 Tuah Karya dengan 1.000 Liter Disinfektan
    10 GAS Bengkalis Bagikan 116 Paket Sembako untuk Masyarakat Empat Kecamatan
    11 BMKG Sebut Ada Indikasi Cuaca dan Iklim Pengaruhi Penyebaran Wabah COVID-19
    12 Warga Tionghoa Bengkalis Salurkan 5.300 Paket Sembako
    13 Dua Anggota Fraksi Golkar Bantu Mandau dengan Alat Penyemprotan Disinfektan
    14 Kapolres Rohul Bersama Bupati Cek Gudang Beras, Stok Aman 6 Bulan ke Depan
    15 Bengkalis Hentikan Tujuh Paket Proyek DAK Senilai Rp43,9 Miliar
    16 Rotte Bakery Gelar Diisinfeksi Masjid dan Bagikan Nutrisi Pada Petugas Medis
    17 Positif Covid-19 Riau Melonjak Jadi 10 Kasus, Gubri: Dominan Penularan Lokal
    18 Akhirnya TAPD Bengkalis Sepakati Rp133 Miliar Anggaran Covid-19
    19 PDIP Riau Bagikan Ribuan Jamu Anti Corona dan ''Hand Sanitizer''
    20 Terkait Covid-19, Ketua KI Riau Usulkan ke Gubernur Stimulus untuk Wartawan
    21 Positif Covid-19 Melonjak Jadi 7 Orang, Riau Tanggap Darurat, Gubri: Ngopi di Rumah Saja
    22 Bandel, Polisi Bengkalis Angkut Para Pengopi di Warkop ke Mapolres
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar