MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Dihadiri Dirjen Kominfo, Bupati Afrizal Sintong Resmikan TVRI Rohil
Kamis, 01-12-2022 - 11:18:53 WIB
Bupati Afrizal Sintong bersama Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Kominfo Dr. Ira Ismail serta Wabup Sulaiman dan Forkopimda Rokan Hilir pada peresmian TVRI Stasiun Rohil.
TERKAIT:
   
 

ROHIL, MataPers - Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail berkunjung ke Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam agenda peresmian lokasi baru TVRI Stasiun Transmisi Rohil, Riau dan Pemancar TV Digital di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Rabu (30/11/2022).

Kedatangan Dirjen bersama rombongan disambut Bupati Rohil Afrizal Sintong didampingi Wabup Rohil H Sulaiman, Kadiskominfotik Rohil Indra Gunawan SE MH dan berbagai unsur lainnya.

Pelaksana pembangunan stasiun TVRI Marvel Parsaoran Situmorang yang merupakan Direktur Pengembangan Pita Lebar Kementerian Kominfo dalam laporannya mengatakan bahwa, LPP TVRI tersebut dibangun dengan sistem transmisi berkekuatan 5 kilo watt dengan tinggi antena Tower 100 meter. 

LPP TVRI Rohil ini katanya, merupakan yang pertama selesai dibangun dan dibuka. Hal tersebut dikarenakan dukungan semua jajaran di Kabupaten Rohil yang dipimpin Bupati Rohil Afrizal Sintong. 

"Saya selaku penanggung jawab pembangunan Stasiun transmisi meminta kepada bapak Bupati untuk meresmikan Stasiun transmisi Rohil ini," katanya. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas terbangunnya LPP TVRI di Kabupaten Rohil yang dapat memberikan informasi dan hiburan kepada masyarakat secara digital dan dapat diakses dengan munggunakan antena biasa.

Bupati menerangkan, di Kabupaten Rohil masih terdapat beberapa tempat yang tidak terjangkau jaringan televisi dan internet. Untuk itu, Bupati minta kepada Kominfo bagaimana caranya agar lokasi-lokasi tersebut bisa mengakses internet, juga termasuk siaran-siaran televisi.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Kominfo dan selamat datang di Kabupaten Rohil. Semoga, dengan berdirinya tower ini bisa menambah wawasan juga pendidikan bagi masyarakat Kabupaten Rohil dan untuk kemajuan Rohil, " sebutnya. 

Sementara itu, Kepala TVRI Stasiun Riau Darma Setiawan dalam sambutannya mengatakan, perkembangan zaman di tengah pesatnya perkembangan teknologi, sistem penyiaran digital menjadi sebuah keniscayaan dan merupakan peluang bagi pengembangan industri penyiaran kedepannya. 

"Kita tahu pemerintah melalui Kementerian komunikasi dan Informatika sejak tahun 2012 lalu sudah mulai mengimplementasikan penyiaran digital dan tahun ini Pemerintah kembali mengajak masyarakat untuk beralih dari analog ke digital," katanya.

TVRI sebutnya, sebagai lembaga penyiaran publik sejak awal sudah mendukung dalam sosialisasi analogi melalui berbagai program penyiaran di televisi. TV digital yang digabungkan oleh Kementerian kominfo tentunya menjadi kehormatan dan  kebanggaan bagi LPT TVRI khususnya TVRI Riau.

"Dengan diresmikannya pemancar digital stasiun transmisi Rohil dan juga pemancar digital di 10 lokasi eksisting dan juga 5 lokasi baru lainnya di seluruh Indonesia tentu akan semakin membuka peluang bagi TVRI dalam memaksimalkan kinerjanya sebagai salah satu Stasiun," terangnya. 

Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika Dr. Ira Ismail menambahkan, pembangunan TV digital atau transmisi digital di Rohil ini termasuk salah satu yang terbaik yang diusahakan tinggi transmisinya sampai 100 meter dan diharapkan mampu mengcover seluruh masyarakat di Kabupaten Rohil. 

"Tadi di sepanjang jalan saya melihat begitu banyak masyarakat yang menggunakan parabola dan ini merupakan upaya masyarakat untuk mendapatkan hiburan dan juga informasi melalui televisi. Dengan hadirnya pemancar TVRI digital ini, maka masyarakat tidak perlu lagi nanti menggunakan antena parabola cukup dengan antena biasa bisa untuk menonton TV dengan kualitas gambar yang istimewa karena sudah berteknologi digital," paparnya. 

TVRI katanya, akan menjadi penyelenggara multiplexer atau pemilik pemancar dan nantinya stasiun-stasiun TV nasional bisa menumpang pemancar melalui TVRI dan tidak perlu lagi membangun antena sendiri-sendiri.

Ira Ismail juga menerangkan, salah satu kelebihan TV digital adalah hadirnya program siaran yang lebih banyak pilihan kepada masyarakat tanpa harus menggunakan TV berbayar dan TV digital ini juga nanti akan dilengkapi early warning system, yakni kemampuan untuk memberitahukan masyarakat apabila terjadi bencana.

"Jadi kalau misalnya ada gempa bumi dan sebagainya, TV digital ini memiliki kemampuan untuk menginformasikan tentang kondisi secara live secara cepat untuk masyarakat melakukan pengamanan terhadap situasi. Dimana setiap TV digital itu dilengkapi dengan kode pos. Jadi kalau pertama kali kita menghidupkan TV nya maka terlebih dahulu harus mengisi Kode pos," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, mewakili Menteri Kominfo, Dr Ira Ismail juga mengucapkan selamat kepada TVRI stasiun Riau dan juga ucapan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran di Pemda Rohil yang telah menyediakan lahan untuk pembangunan tower TVRI tersebut. 

"Untuk membangun masyarakat, tidak hanya dari sisi fisik infrastruktur tapi juga memanfaatkan teknologi digital ini untuk bisa menangkap peluang-peluang yang terbaik dan mempersiapkan generasi anak bangsa yang terbaik," pungkasnya.

Peresmian LPP TVRI tersebut juga dihadiri Danramil 0321-05 RM Kapten Arh Iswandi, Kapolsek Rimba Melintang Ipda Boni Sagala SH, Danyon B Pelopor Brimob Manggala Kompol Petrus Simamora S.Sos, Camat Rimba Melintang Sukirman serta berbagai unsur lainnya. (**/irw)



 
Berita Lainnya :
  • Dihadiri Dirjen Kominfo, Bupati Afrizal Sintong Resmikan TVRI Rohil
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kongres SPS: Januar P. Ruswita Terpilih Aklamasi Sebagai Ketum Serikat Perusahaan Pers
    02 UPT Samsat Selatpanjang Sosialisasi Pergub Nomor 06/2023 Langsung ''Door To Door''
    03 Sembilan Fraksi DPRD Rohil Sampaikan Pandangan Umum Terhadap 10 Ranperda
    04 DPRD Rohil Paripurnakan Ranperda Hak Inisiatif Dewan Usulan Komisi B dan Bapemperda
    05 DPRD Gelar Rapat Paripurna Penyampaian 6 Ranperda Pemkab Rohil
    06 Tinjau Maqari, Gubri Ingin Generasi Muda Riau Jadi Penghafal Al-Quran
    07 Kongres dan HPN 2023: SPS Riau Raih Penghargaan Terbaik Kedua Se-Indonesia
    08 Gubernur Lepas Delegasi Riau ke Puncak Peringatan HPN di Medan
    09 Pra Ops LK 2023, Polres Meranti Cek Kelengkapan Kendaraan Dinas dan Pribadi Personel
    10 Dihadiri Ratusan Wartawan, Bupati Rohil Buka Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Simatrik
    11 Cegah Lakalantas, Satlantas Polres Rohil Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas
    12 Bupati Rohil Lantik Sukirman Jadi Camat Rimba Melintang
    13 Jonli Tetap Sah Sebagai Komisaris PT PIR, Erisman: Tidak Ada Aturan Yang Dilanggar
    14 Bupati Rezita Lepas JMSI Inhu ke HPN 2023 Medan dan HUT Jaringan Media Siber Indonesia
    15 Bupati Kasmarni Dukung Penuh JMSI Bengkalis, H Dheni: Sampaikan Kritik dengan Santun dan Beretika
    16 Pilih Ketua Umum Baru, Serikat Perusahaan Pers Gelar Kongres Pada HPN 2023 di Medan
    17 JMSI Riau Kutuk Penembakan Waketum, Desak Polisi Segera Tangkap Pelaku
    18 Peduli Ekonomi Desa, Gubri Syamsuar Raih Penghargaan Kemendes PDTT
    19 Tak Bawa Data Lengkap, Bupati Rohil Tunda Penetapan Harga HET LPG Dengan Hiswana Migas Riau
    20 Kasus Pemerkosaan Anak Dibawah Umur, Keluarga Korban Berharap Polsek Enok Tangkap Semua Pelaku
    21 Kirim Tiga Kader Ulama ke Istiqlal, Gubri: Riau Bisa Jadi Tolok Ukur Kemajuan Islam di Sumatera
    22 Banmus DPRD Rohil Gelar Rapat Rutin Bulanan Bahas Renja Tahun 2023
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar