MataNegeri | MataDaerah | MataRiau | MataPolitik | MataHukum | MataBisnis | MataDunia | MataSport | MataSeleb | MataIptek | MataPesona
 
Pesona Kepulauan Selayar, Ada Barisan Karang Eksotis saat Air Laut Surut
Rabu, 03-07-2019 - 10:10:17 WIB
Keindahan Kepulauan Selayar (Foto : Instagram)
TERKAIT:
 
 

JAKARTA, MataPers - Pencinta wisata bahari pasti jatuh hati dengan kepulauan yang ada di Sulawesi Selatan ini. Bagaimana tidak, ada sekitar 150 pulau lengkap dengan pantai yang bisa dijelajahi. Anda bisa menyelam atau hanya sekadar bersantai di pantai sembari menikmati deburan ombak yang menenangkan hati.

Jika ingin mengunjungi pantai, kepulauan ini memiliki pantai-pantai dengan pasir putih yang sangat halus. Ada Pantai Pamatata, Pantai Tanaera, Pantai Lansangireng, Pantai Taloiya, Pantai Pabadilang, Pantai Rampang-Rampangan, dan Pantai Labuang Nipaiya. Beberapa pantai memiliki barisan karang tepi sejauh ratusan meter. Tepian karang tersebut baru dapat terlihat apabila laut sedang surut.

Kepulauan Selayar juga menyajikan panorama bawah laut yang indah di Taman Nasional Takabonerate. Di bawah lautnya terdapat karang atol dengan luas 220.000 hektare dan merupakan karang atol terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia. Taman Nasional Takabonerate sudah dicalonkan ke UNESCO sebagai situs warisan dunia sejak 2005 lalu.

Air lautnya jernih. Keindahan terumbu karang dengan aneka ragam bentuk dan warna di dalamnya menjadi daya tarik utama yang membuat wisatawan nasional hingga mancanegara mengunjungi tempat ini. Di sini, tersebar sekitar 25 pulau kecil yang bisa menjadi tempat awal melakukan penyelaman.

"Mau menyelam? Dijamin, Anda akan dimanjakan dengan keindahan bawah laut nan tiada tara. Sekadar bersantai di pantai sambil menikmati deburan ombak juga bisa. Jangan buru-buru pulang, tinggal hingga senja. Sunset-nya, juara! Nah, kalau mau menikmati eksotisme pantai berpadu dengan panorama tebing tinggi, datang saja ke Pantai Barat Baloiya. Kita juga bisa mengunjungi hamparan gua-gua menawan di sana, lho. Yuk, berlayar bareng ke Pulau Selayar!" tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Rabu (3/7/2019).

Selain pemandangan laut yang indah, kebudayaan masyarakat setempat juga menjadi daya tarik tempat ini. Terdapat beberapa benda bersejarah yang unik seperti jangkar raksasa yang terdapat di Pantai Padang. Jangkar ini merupakan jangkar kapal besar asal China milik saudagar kaya bernama Gowa Liong Hui. Ada juga Nekara yang berasal dari zaman perunggu. Nekara di pulau ini berbentuk seperti gong dengan gambar bintang, gajah, pohon kelapa, bintang, ikan, katak, burung merak, dan bangau di sekelilingnya.

Anda dapat melihat bagaimana kebudayaan dan kehidupan masyarakat setempat yang unik. Di Pantai Padang misalnya, terdapat perkampungan nelayan. Anda dapat melihat berbagai aktivitas nelayan mulai dari persiapan melaut, berbagai perlengkapan untuk menangkap ikan, hingga bagaimana mengolah ikan hasil melaut.

Ada juga perkampungan Toa Bitombang yang merupakan kampung tertua di pulau ini. Keunikan perkampungan ini adalah rumah-rumah beratap bambu dengan penopang kayu yang tinggi di bawahnya. Topografi desa yang berbukit menciptakan keunikan lain dari penopang rumah.

Kepulauan Selayar merupakan Kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan. Kabupaten ini merupakan kabupaten kepulauan dengan 95 persen daerahnya merupakan perairan. Sisanya, lima persen terdiri dari 123 pulau dengan 62 pulau yang sudah dihuni. Ibu kota Kabupaten Selayar adalah Kota Benteng.

Perjalanan menuju kepulauan ini memang memakan waktu lama. Dari Kota Makasar, Anda harus melakukan perjalanan ke Pelabuhan Tanjung Bira, Bulukumba sekitar enam jam. Perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal feri selama dua jam menuju Pelabuhan Pamatata, Pelabuhan Pamamata di Pulau Selayar

Dari Pulau Selayar, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Pelabuhan Petumbukan selama dua jam. Barulah perjalanan laut dimulai kembali menuju Pulau Tinabo di Takabonerate. Anda hanya bisa menggunakan kapal kayu untuk menuju ke sana. Waktu tempuhnya sekitar enam jam. (mp01)

Sumber: iNews.id



 
Berita Lainnya :
  • Pesona Kepulauan Selayar, Ada Barisan Karang Eksotis saat Air Laut Surut
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Besok, Leani Peraih Emas Bulutangkis Paralimpiade Tokyo Diarak Keliling Pekanbaru
    02 Ratusan Warga Bathin Solapan Ikut Vaksinasi Massal Partai Demokrat
    03 Ini Dia Tujuh Jenis Lego Perang, Anak-anak Pasti Senang Memainkannya
    04 Perampok Toko Emas di Medan Ternyata Buronan Asal Rohul
    05 Ini Calon-calon Anggota KPID Riau Yang Lulus Seleksi Administrasi
    06 Target Akhir September Disahkan, Prioritas APBD-P 2021 Riau Tetap Covid-19
    07 Tinjau Latihan Atlet Dayung PON di Kuansing, Gubri: Semangat dan Jaga Nama Baik Daerah
    08 Jumat Berkah, FE2DB Peduli Berbagi Nasi Bungkus di Pasar Sartika Duri
    09 Bupati Rohil Hadiri Kegiatan Bakti Sosial Stunting dan Posyandu di Tanah Putih
    10 Biadab, Bapak Ruting ''Mangsa'' Anak Tirinya di Bathin Solapan Bengkalis
    11 Ketua Pengprov Novilia Kukuhkan SOIna Rohil, Bupati Afrizal: Pengurusnya Orang-orang Sabar
    12 PPID Kampar Targetkan Naik Status ''Kabupaten Informatif'' Tahun Ini
    13 IKLA Riau Silaturahmi ke Gubri, Hanafi: Kami Minta Pak Gubernur Jadi Pelindung
    14 Mendadak, Ombudsman RI Lakukan Penilaian Pelayanan ke Pemkab Rohil
    15 Kapolsek Batang Gansal ini Cantik Jelita dan Masih Jomblo, Ini prestasinya
    16 Hampir Semua Kepala OPD Pemprov Riau Dievaluasi, Kecuali Empat Pejabat Ini
    17 Aksinya Terekam CCTV, Maling Ponsel Ini Dibekuk Polisi di Duri
    18 Sengketa Informasi di KI Riau, LIRA Inhu: Ada Keganjilan di Desa Lirik Area
    19 Pasca-Ditabrak Ponton, Pemprov Riau Bentuk Tim Investigasi Jembatan Pedamaran II
    20 Diguyur Hujan, Warga Air Jamban dan Duri Barat Tetap Antusias Ikut Vaksinasi
    21 Sambut HUT Ke-20, Partai Demokrat Gelar 1.000 Vaksin Gratis di Bengkalis
    22 Menparekraf Sandi Uno Seyembarakan Nama Objek Wisata di PLTU Koto Panjang, Ayo Ikut!
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © 2019 MataPers.com | Akurat dan Bijak Berkabar